Search This Blog

Loading...

Mencatat Kehadiran Karyawan Menggunakan ASP.NET

Mencatat kehadiran karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin Handkey yaitu alat yang dipasang di pintu masuk kantor yang digunakan karyawan dengan cara mengisi id dan menscan sidik jari. Data kombinasi id karyawan dan sidik jari akan dibaca oleh alat dan jika cocok akan mencatat waktu masuk ataupun waktu pulang karyawan.

Dengan cara seperti ini memerlukan investasi pembelian alat dan aplikasi handkey.

Pada posting kali ini saya memberikan tips cara membuat aplikasi mencatat jam masuk dan jam pulang karyawan dengan menggunakan aplikasi ASP.NET. Yang anda perlukan adalah anda mempunyai WEB Server (IIS versi 5 atau yang lebih baru).

Proses pencatatan data jam masuk atau jam pulang adalah karyawan mengisi id dan pin atau password pada web form dan mengklik tombol Masuk atau Pulang. Pada saat karyawan mengklik tombol Masuk atau Pulang aplikasi akan menyimpan data id karyawan dan jam masuk atau jam pulang ke tabel kehadiran karyawan.

Web form pada gambar di atas terdiri dari Jam dan tanggal saat user menjalankan aplikasi, textbox NIK untuk mengisi NIK karyawan dan textbox password utuk mengisi password.

Jika karyawan akan masuk kerja maka karyawan harus mengklik tombol masuk jika karyawan akan pulang maka karyawan mengklik tombol Pulang.
Post a Comment