Search This Blog

Loading...

Struktur Kontrol

Dengan menggunakan statemen kondisional dan statemen looping (juga disebut struktur kontrol), anda dapat menulis kode Visual Basic yang membuat pilihan dan aksi pengulangan. Struktur kontrol lain yang berguna, statemen With, menjadikan anda dapat me-run serangkaian statemen tanpa harus mengulang penulisan object.

Menggunakan Statemen Kondisional untuk Membuat Keputusan

Statemen kondisional mengevaluasi apakah sebuah kondisi bernilai True atau False, dan kemudian menjalankan satu atau lebih statemen berdasarkan hasil pemeriksaaan kondisi. Biasanya, kondisi berupa ekspresi yang menggunakan operator pembanding untuk membandingkan satu nilai atau variabel dengan nilai atau variabel lainnya.

Memilih Statemen Kondisional untuk Digunakan

Menggunakan Loop untuk Mengulang Kode

Looping (pengulangan) memungkinkan anda untuk menjalankan satu group statemen secara berulang. Beberapa pengulangan (loop) mengulang statemen hingga kondisi False; sebaliknya mengulang statemen hingga kondisi True. Ada juga loop yang mengulang statemen sebanyak jumlah tertentu atau pada setiap object di dalam collection.

Memilih Loop untuk Digunakan

  • Do...Loop: Looping (pengulangan) ketika atau sampai kondisi True
  • For...Next: Menggunakan counter untuk menjalankan statemen dengan jumlah tertentu
  • For Each...Next: Mengulang satu group statemen untuk setiap object dalam collection

Menjalankan Beberapa Statemen pada Object yang Sama

Pada Visual Basic, biasanya anda harus menentukan sebuah object sebelum anda dapat menjalankan satu dari metode-nya atau merubah satu dari property-nya. Anda dapat menggunakan statemen With untuk menyebutkan sebuah object sekali untuk serangkaian statemen

  • With: Menjalankan serangkaian statemen pada object yang sama.
Post a Comment