Search This Blog

Loading...

Deklarasi Variabel - MS Access - Visual Basic

Saat mendeklarasikan variabel, anda biasanya menggunakan statemen Dim. Statemen deklarasi dapat ditempatkan di dalam sebuah procedure untuk membuat procedure-level variabel. Atau dapat ditempatkan pada bagian atas dari sebuah module, pada bagian atau section deklarasi untuk membuat module-level variabel.

Contoh berikut membuat variabel strName dan diset sebagai tipe data string.
Dim strName As String
Jika statemen ini ditempatkan dalam procedure maka variabel strName dapat digunakan hanya dalam procedure tersebut. Jika statemen tersebut ditempatkan pada bagian deklarasi dari module, maka strName akan ada pada semua procedure dalam module tersebut, tapi tidak ada pada procedure dalam module lain dari project. Untuk membuat variabel ini ada atau dapat dikenal di semua procedure pada project, awali dengan statemen Public seperti contoh berikut:
Public strName As String

Variabel dapat dideklarasikan sebagai salah satu dari data berikut: Boolean, Byte, Integer, Long, Currency, Single, Double, Date, String, Object atau Variant. Jika anda tidak menentukan sebuah tipe data, maka variabel tersebut akan di set sebagai tipe data Variant secara default. Anda juga dapat membuat tipe user-defined dengan statemen Type.

Anda dapat mendeklarasikan beberapa variabel dalam satu statemen. Untuk menentukan sebuah tipe data, anda harus menyertakan tipe data untuk tiap variabel. Pada statemen berikut, variabel intX, intY, dan intZ dideklarasikan sebagai Integer.
Dim intX As Integer, intY As Integer, intZ As Integer
Pada statemen berikut intX dan intY dideklarasikan sebagai tipe Variant; hanya intZ yang dideklarasikan sebagai Integer.
Dim intX, intY, intZ As Integer
Anda tidak harus menyebutkan tipa data pada statemen deklarasi. Jika anda mengabaikan tipe data maka variabel akan diset sebagai Variant.

Menggunakan Statemen Public

Anda dapat menggunakan statemen Public untuk mendeklarasikan public module-level variabel.
Public strName As String
Variabel public dapat digunakan pada semua procedure dalam project. Jika variabel public dideklarasikan pada module standar atau module class, ini dapat juga digunakan pada semua project yang merefer pada project di mana variabel public tersebut dideklarasikan.

Menggunakan Statemen Private

Anda dapat menggunakan statemen Private untuk mendeklarasikan private module-level variabel.
Private MyName As String
Variabel private dapat digunakan hanya pada procedure dalam module yang sama.

Catatan: Jika digunakan pada level module, statemen Dim sama dengan statemen Private. Anda mungkin ingin menggunakan statemen Private untuk membuat kode lebih mudah dibaca dan di-interpret.

Menggunakan Statemen Static

Ketika anda menggunakan statemen Static daripada statemen Dim, variabel yang dideklarasikan akan menyimpan nilai diantara pemanggilan procedure.

Menggunakan Statemen Option Explicit

Anda dapat mendeklarasikan variabel dalam Visual Basic dengan statemen Assignment. Semua variabel ini akan bertipe Variant. Tipe data variant membutuhkan memori lebih banyak dari tipe variabel yang lain. Aplikasi anda akan lebih efisien jika anda mendeklarasikan variabel secara eksplisit dengan tipe data spesifik. Mendeklarasikan semua variabel secara eksplisit mengurangi kesalahan konflik nama variabel.

Jika anda tidak ingin Visual Basic membuat deklarasi implisit, anda dapat menempatkan statemen Option Explicit pada module sebelum procedure. Statemen ini meminta anda untuk mendeklarasikan semua variabel secara explicit di dalam module. Jika module mengandung statemen Option Explicit, compile-time error akan terjadi ketika Visual Basic menemukan nama variabel yang belum dideklarasikan sebelumnya atau penulisan yang tidak tepat.

Anda dapat men-set option pada lingkungan pemrograman Visual Basic untuk secara otomatis megaktifkan statemen Option Explicit pada semua module.

Catatan: Anda harus mendeklarasikan secara eksplisit array fixed dan array dinamik

Mendeklarasikan Variabel Object untuk Otomatisasi

Pada saat menggunakan satu aplikasi untuk mengontrol objek aplikasi lain, anda harus men-set referensi ke tipe librari aplikasi lain. Sekali anda men-set referensi, anda dapat mendeklarasikan variabel object berdasar pada tipe spesifik-nya. Misalnya, jika anda dalam Microsoft Word ketika anda men-set referensi ke Microsoft Excel tipe librari, anda dapat mendeklarasikan tipe Worlsheet dari dalam Microsoft Word untuk merepresentasikan Microsoft Excel object Worksheet.

Jika anda menggunakan aplikasi lain untuk mengontrol objek Microsoft Access, pada banyak kasus, anda dapat mendeklarasikan variabel objek berdasar pada tipe sepsifik-nya. Anda juga dapat menggunakan keyword New untuk membuat instance baru dari sebuah object secara otomatis. Contohnya ketika anda mendeklarasikan sebuah variabel objek untuk merepresentasikan form Ms-Access dari Microsoft Visual Basic, anda harus menyebutkan Microsoft Access Form object dari Visual Basic Form object. Sertakan nama dari tipe librari dalam deklarasi variabel, sebagaimana contoh berikut:
Dim frmOrders As New Access.Form
Beberapa aplikasi tidak mengenal tipe Microsoft Access object. Walaupun anda set referensi ke tipe librari Microsoft Access dari aplikasi, anda harus mendeklarasikan semua bariabel object MS-Access sebagai tipe Object. Anda dapat menggunakan keyword New untuk membuat instance baru dari object. Contoh berikut menunjukkan bagaimana mendeklarasikan variabel untuk merepresentasikan instance dari aplikasi Microsoft Access objek dari sebuah aplikasi yang tidak mengenal tipe object MS-Access. Aplikasi kemudian membuat instance dari objek aplikasi.
Dim appAccess As Object
Set appAccess = CreateObject("Access.Application")
Post a Comment