Search This Blog

Loading...

Visual Web Developer 2005 Express Edition

Visual Web Developer 2005 Express Editon (VWD 2005 EE) adalah Grafical User Interface untuk mendevelop atau membangun aplikasi ASP.NET yang berbasis WEB. Pada saat tulisan ini dibuat versi yang lebih baru yaitu Visual Web Developer 2008 Express Edition juga sudah tersedia dan bisa digunakan. Namun demikian penulis baru menggunakan yang versi 2005.

User interface dari VWD 2005 EE

Berikut adalah gambar Graphical User Interface dari Visual Web Developer 2005 Express Edition

Keterangan gambar:

  1. Bagian atas adalah Menu Bar dan Toolbar
    Menu bar terdiri dari menu-menu yang standar kita kenal di pada banyak aplikasi yang terdiri dari menu File, Edit, View, Web Site, Build, Debug, Format, Layout, Tools, Window, Comunity dan Help.
    Sedangkan Toolbar terdiri dari tombol-tombol untuk mempercepat proses mengakses sebagian menu bar yang sering digunakan seperti menu Copy, Paste dan Save.
  2. Bagian kiri adalah Toolbox
    Jendela toolbox berisi daftar control yang dapat kita tambahkan ke dalam halaman web. Toolbox dikelompokan menjadi toolbax Standard, Data, Validasi, Navigasi, Login, Webparts, HTML dan General.
  3. Bagian kanan terdiri dari Properties, Solution Explorer dan Database Explorer
    Jendela Properties adalah berisi properties dari suatu control atau komponen yang berada pada halamn web yang aktif.
    Jendela Solution Explorer adalah jendela Explorer yang menampilkan isi folder dari aplikasi yang sedang kita bangun untuk mempermudah akses ke file-file yang ada pada aplikasi.
    Jendela Database Explorer menampilkan daftar koneksi yang aktif pada aplikasi web yang sedang kita bangun.
  4. Bagian tengah adalah jendela utama yang dapat ditampilkan berupa Design view atau Source
    Ini adalah jendela utama bagi developer untuk mengedit dan mengembangkan aplikasi web. Tampilan dapat dipilih pada mode design atau mode source. Untuk menambahkan control dengan cara drag and drop ke halaman web kita harus berada pada mode design, sedangkan mode source digunakan untuk menampilkan isi file pada mode text.

Dengan tools Visual Web Developer ini, mengembangkan aplikasi web ASP.NET menjadi lebih mudah dan lebih cepat karena kita dapat menambahkan control lebih cepat dengan cara mendrag and drop control ke halaman web yang kita buat. Selain kemudahan menambahkan control ke halaman web, Visual Web Developer juga memberi kemudahan lain yaitu tersedianya fasilitas wizard untuk membuat koneksi ke database terutaman database SQL server dan Microsoft Access.

Post a Comment