Search This Blog

Loading...

Mengapa Menggunakan Microsoft Access

Penulis menggunakan Microsoft Access untuk aplikasi pengolahan database karena beberapa pertimbangan:
  1. Microsoft Access sangat mudah digunakan dan referensinya sangat mudah didapat. Selama bertahun-tahun penulis membangun aplikasi menggunakan Microsoft Access dengan cara autodidak. Penulis sering membaca referensi dari fitur help yang ada pada Microsoft Access.

  2. Kita dapat mengkustomisasi interface Microsoft Access sehingga antar muka program komputer layaknya aplikasi profesional. Kita dapat mengkustomisasi menu-menu buatan kita sendiri, baik pull down menu maupun toolbar sesuai kebutuhan kita. Berikut gambar contoh user interface Microsoft Access yang telah dikustomisasi:


  3. Kode program Microsoft Access menggunakan Visual Basic yang relatif mudah dimengerti dan digunakan.

  4. Kode program yang kita buat, baik dalam modul ataupun kode dalam form dapat disembunyikan dengan mengubah file access (.mdb) menjadi file yang kodenya tidak dapat dibuka lagi (.mde)

  5. Mudah dalam pengembangan/penambahan modul aplikasi. Developer/programmer MS-Access jika akan menambahkan modul tambahan tinggal mengedit file .mdb kemudian mengcomplie dan merubahnya ke file .mde kemudian meng-copy-kan file .mde tersebut ke komputer pengguna aplikasi tanpa harus menginstall aplkasi di computer client (dengan catatan bahwa computer client sudah ada program MS-Access-nya).

Adapun keterbatasan dari aplikasi Microsoft Access adalah:
  1. Aplikasi yang kita buat merupkan sebuah file yang dependen pada apliaski Microst Access. Jadi tidak dapat digunakan pada komputer yang tidak ada aplikasi Microsoft Access-nya.

  2. Tidak dapat dicompile menjadi .exe file.

  3. File Access yang dibangun dengan versi aplikasi access yang digunakan harus sesuai. Jika kita membangun aplikasi file MS-Access dengan menggunakan MS-Access 2002 maka kemungkinan besar file tidak dapat dijalankan menggunakan aplkasi Microsoft Acess yang versinya lebih rendah.

11 comments:

sasmita said...

Boleh tidak minta program yang lengkap? rencana mau buat gudang...thx sebelumnya... irawan.br@gmail.com

FA said...

Sasmita, Terima kasih atas komentarnya. Untuk saat ini penulis belum bisa mengupload contoh lengkap programnya karena programnya cukup komplek. Untuk aplikasi yang lengkap dibuat dengan SQL Server 2000 sebagai penyimpanan data dan MS-Access 2002 sebagai interfacenya. Kalaupun nanti disediakan programnya harus lengkap dengan database SQL Servernya, tidak bisa Access-nya saja. Kemudian ada seting lain misalnya link tabel dari SQL ke Access.

dudy said...

gimana caranya membongkar script yg sudah menjadi mde..thanks

FA said...

dudy, Terima kasih atas kunjungannya. File Access yang sudah diubah menjadi MDE, script programnya tidak dapat dilihat lagi. Itu adalah fitur keamanan yang disediakan oleh MS-Access.

Anonymous said...

Terima kasih atas info di blog ini.. sangat membantu sekali. Saya sedang ada masalah dalam ms access yaitu mencari harga rata2x untuk menjadi HPP, saya sdh mencari2x di blog ini ttg itu tapi tdk menemukan.. bagaimana kalau dibahas diblog ini sehingga sesuai dengan namanya ppic-access.blogspot.com .. karena saya lihat artikel ttg access mulai berkurang banyak...
thx

AFA said...

Untuk proses perhitungan HPP kami juga masih belajar sehingga belum bisa memposting masalah ini. Mungkin nanti jika sudah menguasai bahan ini akan diposting.

Anonymous said...

tolong dibahas penerapan analogi pada objek ms access. Misal jika kita punya 2 tabel:BARANG(kodebrg,namabrg,stok) dan TRANSAKSI(kodetrans,kodebrg,jenistrans(masuk/keluar),jumlah,sisabrg).
Bagaimana mengisi field sisabrg dengan mengurangi stok di tabel BARANG, dan juga bagaimana menjadikan sisabrg record saat ini menjadi "saldo awal" transaksi berikutnya.

terima kasih

AFA said...

Terima kasih atas kunjungannya.
Dalam kasus ini anda perlu melakukan dua proses yaitu:
1. Update tabel BARANG, yaitu mengurangi jumlah stok
2. Insert tabel TRANSAKSI (tabel TRANSAKSI harus ada field Tgl_Transaksi)

Buat sebuah form input data (control source dikosongkan) transaksi dengan data-data tanggal, kode barang, jenis transaksi, dan jumlah barang. Tambahkan tombol Save.
Pada event onClick di tombol Save lakukan coding untuk hal-hal berikut:

1. Cari kode barang di tabel BARANG (bisa dengan fungsi DLOOKUP), jika ketemu bandingkan stok dengan jumlah barang yang dientry user.

2. Jika stok barang lebih kecil dari jumlah barang yang dientry user, tampilkan pesan peringatan dan proses tidak dilanjutkan.

3. Jika stok barang sama atau lebih besar, lakukan hal berikut:
3.1 Lakukan proses pengurangan stok dan simpan saldo barang di variabel saldo_barang
3.2 Kurangi stok barang pada tabel BARANG dengan perintah query Update.
3.3 Tambah record di tabel TRANSAKSI dengan printah query Insert dengan nilai sisabrg sama dengan nilai variabel saldo_barang.

Anonymous said...

Terima kasih atas tanggapan mas AFA, jd kurang lebih kodingnya jd begini ya, mohon koreksi.

Private Sub Command8_Click()
Dim saldobarang As Double
Dim ubah As String
Dim tambah As String


setok = Val(DLookup("stok_awal", "barang", "kode_barang='" & Me!Text2 & "'"))

If Val(Me!Text6) > Val(setok) Then
MsgBox "Jumlah lebih besar dari Stok!Transaksi tidak dapat dilanjutkan!", vbCritical, "Error!"
Exit Sub
Else
saldobarang = Val(setok) - Val(Me!Text6)
ubah = "update Barang set stok_awal='" & saldobarang & "' where kode_barang='" & Text2 & "'"
CurrentProject.Connection.Execute (ubah)
tambah = "insert into Transaksi (kode_transaksi,tgl_transaksi,kode_barang,jenis_transaksi,jumlah,sisa) values ('" & Text9 & "','" & Text0 & "','" & Text2 & "','" & Text4 & "','" & Text6 & "','" & saldobarang & "')"
CurrentProject.Connection.Execute (tambah)
End If
End sub

Terima Kasih

(Budhi)

AFA said...

Ya coding anda sudah saya test dan hasilnya betul.

Sebagai tambahan tampilkan pesan "Data sudah berhasil di simpan ke database" pada kondisi kedua (else) agar user yakin bahwa data yang dientry sudah benar dan tersimpan.

oetji said...

Ada gak cara agar data dan program aplikasi acess bisa diakses lewat jaringan internet, sehingga dapat dientri atau dilihat dari tempat yang berbeda