Search This Blog

Loading...

Virtualisasi Komputer

Apa itu Virtualisasi Komputer? -- Virtual Machine --

Secara singkat virtualisasi komputer adalah menggunakan satu komputer untuk diinstall beberapa sistem operasi. Ada dua jenis sistem yang terinstall yaitu Host computer dan guest computer. Host computer adalah sistem operasi yang diinstall pada hardware komputer sedangkan guest computer adalah sistem operasi virtual yang diinstall dalam Host computer menggunakan software virtualisasi seperti VirtualBox, VMWare atau Hyper-V.

Mengapa virtualisasi komputer bermanfaat:

1. Menjalanakan beberapa sistem operasi dalam hardware komputer secara simultan.

Jika anda ingin menggunakan beberapa sistem operasi secara bersamaan pada komputer anda misalnya Windows 7, Windows XP, Windows 2003 server, Windows 2008 server, atau sistem operasi lain non windows misalnya Linux, anda dapat menggunakan virtual machine. Pertama anda install dulu sistem operasi sebagai Host computer misalnya Windows 7, baru kemudian anda install sistem operasi sebagai guest komputer menggunakan Virtualbox atau software lain.

2. Mempermudah instalasi software.

Vendor software dapat menggunakan mesin virtual atau virtual machine untuk menyertakan keseluruhan konfigurasi software. Misalnya menginstall solusi mail server yang lengkap pada mesin atau komputer yang sesungguhnya akan menjadi pekerjaan yang membosankan. Dengan menggunakan Virtualbox, semua setup yang rumit dapat disatukan ke dalam satu virtual machine. Menginstall dan menjalankan mail server menjadi semudah meng-import aplikasi ke dalam Virtualbox.

3. Testing dan recovery bencana.

Setelah terinstal, sebuah mesin virtual dan hard disk virtual dapat dianggap sebagai "wadah" yang bisa tersedia dinonaktifkan, diaktifkan, disalin, dibackup, dan ditransfer antara host.

Selain itu, dengan menggunakan fitur lain VirtualBox yang disebut "snapshot", kita dapat menyimpan keadaan tertentu mesin virtual dan kembali ke keadaan tersebut, jika perlu. Dengan cara ini, kita dapat dengan bebas bereksperimen dengan lingkungan komputasi. Jika ada yang salah (misalnya setelah menginstal perangkat lunak yang tidak sesuai dengan keinginan kita atau menginfeksi komputer guest dengan virus), orang dapat dengan mudah beralih kembali ke snapshot sebelumnya dan menghindari kebutuhan seringnya backup dan restore.

Setiap jumlah snapshot dapat dibuat, memungkinkan kita untuk melakukan setup ke kondisi sebelumnya dan setelahnya dalam mesin virtual. Anda dapat menghapus snapshot saat VM sedang berjalan untuk mendapatkan kembali ruang disk

4. Konsolidasi insfrastruktur.

Virtualisasi dapat secara signifikan mengurangi biaya hardware dan listrik. Sebagian besar waktu, komputer saat ini hanya menggunakan sebagian kecil dari potensi kekuatan mereka dan berjalan dengan sistem beban rata-rata rendah. Sehingga banyak sumber daya perangkat keras serta listrik terbuang. Jadi, daripada menjalankan banyak komputer fisik yang hanya digunakan sebagian, kita bisa menjalankan banyak mesin virtual ke sebuah host yang powerfull dan menyeimbangkan beban antara mesni virtual.

Post a Comment