Search This Blog

Loading...

Proses Perhitungan Gaji/Salary

Halo Sobat Ilmusoftware.com,

Kali ini posting saya akan melanjutkan modul proses perhitungan gaji karyawan di aplikasi payroll.
Pada modul perhitungan gaji karyawan terdapat tahapan-tahapan yang harus dipenuhi sebelum pada proses perhitungan gaji. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan:

1. Semua data master sudah dilengkapi.

Data master yang harus dilengkapi adalah data karyawan diantaranya data gaji pokok, status pernikahan, jumlah anak, kantor cabang dan jabatan. Status pernikahan dan jumlah anak akan menentukan nilai tunjangan keluarga, kantor cabang akan menentukan jumlah uang makan yang akan diterima sedangkan jabatan akan menentukan nilai tunjangan jabatan yang akan diterima.

Oleh karena data dari tabel karyawan berelasi ke tabel jabatan dan cabang, maka data tabel cabang dan jabatan juga harus sudah lengkap dengan nilai tunjangan jabatan pada tabel jabatan dan nilai uang makan pada tabel cabang.


2. Tabel Options

Tabel options menyimpan beberapa variable yang akan dihitung pada saat proses perhitungan gaji karyawan. Variabel-variabel tersebut adalah: nilai persentase potongan penghasilan, nilai PTKP (penghasilan tidak kena pajak), nilai persentase jamsostek, nilai tunjangan istri dan tunjangan anak.


3. Tabel Standar Hari Kerja

Tabel ini berpengaruh pada perhitungan uang makan yang diterima karyawan. Uang makan yang akan diterima karyawan adalah perhitungan jumlah standar hari kerja dikurangi jumlah hari tidak masuk kerja dikali jumlah uang makan perhari.


4. Semua data transaksi bulanan sudah lengkap

Tabel transaksi yang harus sudah lengkap sebelum proses perhitungan gaji adalah tabel cuti, tabel lembur dan tabel potongan lain-lain. Data tabel cuti digunakan untuk perhitungan uang makan, data tabel lembur digunakan untuk perhitungan nilai lembur, sedangkan data tabel potongan lain-lain digunakan untuk pengurang gaji yang diterima karyawan.

Setelah semua data lengkap, proses perhitungan gaji bisa dilakukan menggunakan form Gaji dengan memilih submenu Proses Gaji Karyawan dari menu utama Data Transaksi.


Berikut adalah gambar form untuk melakukan proses perhitungan gaji, jika user memilih menu Data Transaksi --> Proses Gaji Karyawan.


Untuk melakukan proses perhitungan gaji karyawan, user menentukan bulan dan tahun periode gaji karyawan kemudian klik tombol proses (tombol disebelah kanan bulan dan tahun) untuk mengeksekusi proses perhitungan gaji.

Jika sebelumnya user sudah pernah mengeksekusi proses perhitungan gaji karyawan untuk bulan dan tahun yang dipilih, aplikasi akan menampilkan pesan bahwa periode gaji bulan dan tahun tersebut sudah pernah dieksekusi. 


Jika belum pernah maka modul gaji akan melakukan perhitungan gaji sesuai dengan data-data yang telah dimasukkan. Jika proses perhitungan gaji selesai diproses aplikasi akan menampilkan pesan bahwa proses perhitungan gaji selesai dilakukan.

Jika data pendukung untuk proses perhitungan gaji belum lengkap, aplikasi akan menampilkan pesan seperti gambar berikut:


Jumlah data transaksi lembur, data transaksi cuti dan data transaksi potongan masing-masing harus sama dengan jumlah data karyawan.

- Last updated: 12 Juni 2013 -

No comments: