Search This Blog

Loading...

Padanan Menu Antara Word 2002 dan Word 2010 (Bagian 3)

Posting ini lanjutan dari posting mengenai Padanan Menu Antara Word 2002 dan Word 2010 (Bagian 2)

11. Header dan Footer Word

  • Jika kita ingin menampilkan dan mengedit tulisan pada header dan footer pada Word 2002, kita dapat melakukan dengan cara memilih menu View --> Header and Footer. Sedangkan pada Word 2010 kita dapat melakukannya dari tab Insert grup Header and Footer.
Group Header and Footer pada tab Insert di ribbon Word 2010


12. Perpindah halaman secara paksa.
  • Jika kita mengetik dokumen, jumlah halaman yang kita dapatkan tergantung tulisan yang kita tuliskan pada dokumen kita. Semakin banyak tulisan nyang kita tuliskan maka sebakin banyak jumlah halamn yang akan kita dapatkan.
    Kadang-kadang kita perlu pindah halaman walaupun kita belum banyak menulis kalimat dalam satu halaman. Untuk berpindah halaman kita dapat mengetik enter sebanyak sisa baris yang ada pada halaman sampai tampil halaman berikutnya.
    Sebetulnya ada cara lain untuk pindah ke halaman baru tanpa harus mengetik enter sampai ke akhir halaman, yaitu dengan cara Insert Page Break.
    Pada Word 2002 kita bisa memilih menu Insert --> Break lalu pilih Page Break lalu Enter.
    Pada Word 2010 kita dapat mengklik Page Break pada tab Insert di ribbon Word 2010.
    Kita juga dapat perpindah halaman dengan cara mengetik tombol CTRL + ENTER.
Gambar untuk insert page break pada Word 2010


13. Menambahkan nomor halaman
  • Untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen yang kita buat pada Word 2002 dapat dilakukan dengan cara memilih menu Insert --> Page Number. Pada tahap ini kita dapat memilih di manakah nomor halaman akan ditempatkan. Apakah dibagian bawah halaman, dibagian atas halaman dengan posisi di tengah, di sisi kiri atau di sisi kanan.
    Sementera pada Word 2010 kita dapat mengklik icon Page Number pada Tab Insert di ribbon Word 2010.
Gambar untuk menambahkan nomor halaman pada word 2010


14. Menambahkan tanggal dan waktu
  • Untuk menambahkan data tanggal dan waktu pada dokumen di Word 2002, tempatkan cursor di lokasi dokumen di mana data tanggal dan waktu akan ditambahkan, lalu pilih menu Insert --> Date and Time, sedangkan pada Word 2010 klik Date and Time pada grup Text di tab Insert pada ribbon Word 2010.
Gambar Insert Date & Time pada Word 2010


15. Menambahkan Symbol
  • Pada Word 2002 kita dapat menambahkan Symbol pada dokumen dengan memilih menu Insert --> Symbol, sedangkan pada Word 2010 dapat dilakukan dengan cara meng-klik icon Symbol dari grup Symbol dari tab Insert pada ribbon Word 2010.
Gambar Insert Symbol pada Word 2010

Post a Comment