Search This Blog

Loading...

Padanan Menu Antara Word 2002 dan Word 2010 (Bagian 1)

Bagi user yang baru menggunakan Word 2010 mungkin akan ada kendala ketika akan memilih menu-menu tertentu yang biasa digunakan di Word 2002.

Pada posting kali ini saya akan mencoba melakukan maping atau persamaan atau padanan antara menu-menu di Word 2002 dan Word 2010.

Sebelumnya, kita harus memahami bahwa pada Word 2010 ada fitur baru yaitu Ribbon. Ribbon merupakan padanan dari toolbar pada Word 2002 yang berisi tombol-tombol yang bisa dioperasikan untuk melakukan operasi pengeditan dokumen dan aksi-aksi lainnya pada dokumen.

1. Page Setup
  • Pada Word 2002 untuk melakukan setup halaman kita bisa memilih menu File --> Page Setup.
  • Pada Word 2010 untuk melakukan setup halaman kita harus memilih tab File --> Print --> Page Setup.

2. Print Preview
  • Pada Word 2010, saat kita memilih menu File --> Print, Word secara langsung akan melakukan preview dokumen sehingga tidak ada lagi pilihan Print Preview di dalam tab File.

3. Save As
  • Pada Word 2010, ada tambahan fitur baru pada menu Save As. Dengan memilih tab File --> Save As, kita dapat menyimpan format dokumen dalam bentuk file PDF sementara pada Word 2002 tidak ada fitur Save As ke format file PDF.

4. Undo dan Redo

  • Undo adalah membatalkan aksi terakhir yang dilakukan pada dokumen aktif, sedangkan redo adalah mengulangi aksi terakhir terhadap dokumen.
  • Pada Word 2002 anda dapat memilih menu Edit --> Undo .... (bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Z) dan Edit --> Repeat .... (bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Y) sedangkan pada Word 2010 kita dapat menggunakan tombol Undo dan Redo (gambar lingkaran tidak sempurna dengan tanda panah) yang terletak di sebelah atasnya tab File (ini juga disebut Quick Access Toolbar).
Gambar tombol Undo dan Redo di Word 2010 

5. Cut, Copy dan Paste
  • Pada Word 2002, tombol Cut, Copy dan Paste terletak dalam grup toolbar Standard dan juga terdapat pada pull down menu Edit sedangkan pada Word 2010, tombol Cut, Copy dan Paste berada pada tab Home group Clipboard di ribbon Word 2010.
Gambar tombol Cut, Copy dan Paste pada ribbon Home



Post a Comment