Search This Blog

Loading...

Property Enabled Object di Form Access

Pada posting kali ini saya masih membahas property object di dalam form Access. Pembahasan kali ini adalah property enabled.

Property enabled adalah property yang menentukan apakah suatu object dapat diakses oleh user atau tidak. Nilai property enabled adalah Yes atau No. Jika property enabled suatu object diset ke Yes artinya object tersebut dapat diakses oleh user misalnya jika property suatu text box adalah Yes maka user dapat menempatkan kursor pada text box tersebut.

Berikut adalah contoh perbedaan tampilan text box yang property-nya diset ke Yes dan No.

Text box yang property enabled-nya diset No tidak dapat diakses dan warna text box-nya abu-abu sedangkan text box yang propery enabled-nya Yes berwarna putih dan dapat diakses oleh user.

Untuk merubah property enabled object text box dalam form anda harus membuka form dalam mode design lalu buka property dari object text box tersebut. Pada tab data anda dapat menemukan property enabled.


Kita juga dapat menset property enabled object Text Box dari kode program. Berikut adalah contoh kode program dari event OnClick pada tombol Command5 yang akan menset property enabled dari object Text3 menjadi True atau Yes (sehingga text box dapat diakses oleh user).
Private Sub Command5_Click()
  Me.Text3.Enabled = True
End Sub
Post a Comment