Search This Blog

Loading...

Fungsi tombol Tab di Form Access

Tombol Tab pada form Access berfungsi untuk memindahkan kursor pada objek di dalam form. Jika kita menekan tombol Tab, maka kursor akan berpindah sesuai urutan nomor Tab Index dari tiap-tiap object dalam form.

Misalnya di dalm form ada tiga buah object text box dengan urutan indext text box pertama adalah 0, text box kedua adalah 1 dan text box ketiga adalah 2. Pada saat form dibuka kursor akan berada pada text box dengan Tab index 0. Jika kita tekan tombol Tab, maka cursor akan berpindah ke text box dengan Tab index 1, dan seterusnya.

Untuk menggerakan kursor berlawanan arah dari fungsi tombol Tab kita dapat mengkombinasikan tombol Shift + Tab. Dengan menekan tombol Shit + Tab, maka cursor akan bergerak dari object dengan nomor tab index besar ke nomor tab index kecil.

Cara agar cursor tidak masuk (fokus) ke object di form Access kita dapat menseting object property Tab Stop-nya menjadi No. Misalnya text box kedua seting Tab stop-nya adalah No, maka ketika cursor berada di text box satu kemudian user menekan tombol Tab, maka kursor akan langsung ke object ke-3.
Post a Comment