Search This Blog

Loading...

Set Access Option Programmatically

Options pada Microsoft Access 2002/2003 adalah seting yang dapat diatur dari menu Tools > Options. Seting options yang dapat diatur diantaranya pada Tab View:
  1. Status bar
    Untuk menampilkan Status bar pada Microsoft Access. Jika check box ini aktif maka Access akan menampilkan status bar yaitu informasi pada bagian bawah tampilan Access.
  2. Startup Task Pane
    Untuk menampilkan task pane dibagian kanan pada layar Access untuk melakukan operasi file, misalnya membuka recent document access, membuat file baru dan lain-lain.
  3. New objects shortcuts
  4. Hidden objects
    Untuk menampilkan object-object yang mempuyai propery system misalnya tabel yang disembunyikan dengan property hiddennya aktif.
  5. System objects
    Untuk menampilkan object-object yang mempuyai propery system misalnya tabel system.
  6. Windows in Taskbar
    Untuk menampilkan wandows pada Windows Taskbar.
Selain merubah seting dari menu Options anda juga dapat mengatur seting menggunakan script program VBA (Visual Basic for Applications). Sebagai contoh misalnya anda ingin menonaktifkan option Windows is Taskbar, maka anda dapat menggunakan syntax Visual Basic sebagai berikut:

Application.SetOption "ShowWindowsInTaskbar", False

Sebaliknya jika anda ingin mengaktifkan options Windows in Taskbar maka script Visual Basic yang anda tulisakan adalah sebagai berikut:

Application.SetOption "ShowWindowsInTaskbar", False
Post a Comment