Search This Blog

Loading...

Menggunakan Objek Form

Objek form adalah anggota dari Forms collection, yang merupakan koleksi semua form yang sedang dibuka. Di dalam Forms collection, individual form adalah terindex dari angka mulai 0. Anda dapat merefer ke individual objek form di dalam Forms collection dengan menggunakan nama atau menggunakan index dari masing-masing form. Jika anda ingin merefer ke form tertentu di dalam forms collection, adalah lebih baik untuk merefer ke form dengan menggunakan nama form karena index form mungkin saja berubah. Jika nama form mengandung spasi maka nama penulisan nama form harus diawali kurung buka siku dan kurung tutup siku ([nama form]).

Syntax Contoh

Syntax

Contoh

Forms!formname

Forms!OrderForm

Forms![form name]

Forms![Order Form]

Forms("formname")

Forms("OrderForm")

Forms(index)

Forms(0)

Masing-masing objek form mempunyai Controls collection yang mengandung semua control pada form. Anda dapat merefer pada sebuah control pada form dengan cara implisit atau explisit. Kode anda akan lebih cepat jika menggunakan referensi implisit.

Berikut contoh penulisan untuk merefer control pada form:

' Referensi Implisit
Forms!OrderForm!NewData

' Referensi Explisit
Forms!OrderForm.Controls!NewData

Contoh berikut menunjukkan bagaimana anda dapat merefer control yang bernama NewData pada subform ctlSubForm yang ada di form bernama OrderForm:

Forms!OrderForm.ctlSubForm.Form!Controls.NewData

Forms!OrderForm.ctlSubForm!NewData
Post a Comment