Search This Blog

Loading...

Memfilter dan Mensort Data di Excel 2007

Jika anda pernah memfilter data pada Excel 2002/XP/2003 anda juga dapat memfilter data pada Excel 2007. Memfilter data pada excel 2007 lebih mudah dan pilihannya lebih bervariasi. Singkat kata kita lebih nyaman dalam memfilter data pada excel 2007.

Dengan mengaktifkan AutoFilter pada Excel 2007 maka excel akan menyediakan dropdown list untuk melakukan operasi filter.


Pada dropdown list yang disediakan Excel 2007 kita dapat melakukan hal-hal berikut:
  1. Mengurutkan data baik Ascending maupun Descending dengan memilih Sort A to Z atau Sort Z to A
  2. Mengurutkan data berdasarkan warna.
    Jika cell dalam tabel memiliki warna-warna yang berbeda baik background maupun warna font, kita dapat mengurutkan data berdasar warna yang ada dalam cell dengan cara memilih Sort By Color.
  3. Memfilter berdasar warna.
    Jika cell dalam tabel memiliki warna-warna yang berbeda baik background maupun warna font, kita dapat memfilter data pada tabel berdasar warna yang ada dalam cell dengan cara memilih Filter By Color.
  4. Memfilter data berdasar Text pada kolom.
    Untuk memfilter data berdasar text anda dapat memilih pilihan Text Filter dari drop down list yang muncul. Dengan memilih pilihan ini akan muncul sub pilihan yang terdiri dari : Equals, Does Not Equal, Begin With, End With, Contains, Does Not Contain, dan Custom Filter. Selanjutnya anda dapat menentukan kriteria filter sesuai kebutuhan, misalnya anda dapat memfilter data yang mengandung kata Bank pada kolom nama akun.
  5. Memilih data yang akan ditampilkan dengan mengaktifkan atau menonaktifkan Check box di depan text yang ada pada pilihan.
Post a Comment