Search This Blog

Loading...

Membuat query daftar hadir karyawan

Pada posting kali ini kita akan belajar cara membuat query untuk menampilkan daftar hadir karyawan dari tabel master karyawan dan tabel transaksi daftar_hadir.

Sebagai contoh tabel master karyawan terdiri dari field nik, nama, dan departemen. Kemudian tabel daftar_hadir terdiri dari field nik, tanggal, jam_masuk dan jam_pulang.

Untuk menampilkan daftar hadir dengan query maka kita dapat menggunakan perintah query select sebagai berikut:
Select daftar_hadir.tanggal,daftar_hadir.nik, karyawan.nama, karyawan.departemen, daftar_hadir.jam_masuk, daftar_hadir.jam_pulang from daftar_hadir inner join karyawan on daftar_hadir.nik=karyawan.nik order by daftar-hadir.tanggal;
Dengan perintah query di atas maka data akan ditampilkan berupa tabel dengan output terdiri dari :
  1. tanggal
  2. nik
  3. nama
  4. departemen
  5. jam_masuk
  6. jam_pulang
Query ini akan menampilkan semua data dengan benar jika semua karyawan masuk kerja dan data kehadirannya tercatat dalam tabel daftar_hadir. Masalah akan timbul jika karyawan tidak masuk kerja sehingga data karyawan tersebut tidak tercatat dalam tabel daftar_hadir.

Query di atashanya akan menampilkan daftar karyawan yang tercatat pada tabel daftar_hadir. Jika anda ingin menampilkan data karyawan walaupun tidak hadir (tidak tercatat dalam tabel daftar_hadir) maka clausa inner join diganti menjadi righ join atau left join.

Pada kasus ini kita harus menggunakan right join karena tabel karyawan disebutkan setelah tabel daftar_hadir menjadi sebagai berikut:
Select daftar_hadir.tanggal,daftar_hadir.nik, karyawan.nama, karyawan.departemen, daftar_hadir.jam_masuk, daftar_hadir.jam_pulang from daftar_hadir right join karyawan on daftar_hadir.nik=karyawan.nik order by daftar-hadir.tanggal;

No comments: