Search This Blog

Loading...

Fungsi IsNa di Excel

Apakah anda pernah mengalami masalah #N/A pada file Excel ?

Jika Ya jawabannya, maka anda tidak seorang diri menghadapi masalah ini. Jika anda membuat report dengan Excel dan pada report muncul tulisan #N/A tentu terlihat kurang bagus.

Error #N/A terjadi jika kita membuat rumus dengan referensi nilai tertentu yang merujuk pada data lain di mana referensi yang dicari tidak ada pada data yang dirujuk. Misalnya anda menulis rumus vlookup sebagai berikut:

=VLOOKUP(A7,daftar,2,FALSE)

Ternyata nilai yang dicari (nilai di A7) tidak ada pada name daftar, maka akan muncul tampilan #N/A (artinya Not Available).

Anda dapat merubahnya secara manual pada rumus-rumus tersebut dengan cara mengeditnya atau mengganti rumus dengan nilai tertentu. Jika data yang harus diedit banyak tentu akan merepotkan.

Untuk mengatasi masalah ini dengan mudah kita dapat menggunakan kombinasi fungsi IF() dan ISNA(). Cara penggunaan fungsi IF() dan ISNA() untuk mengatasi kasus di atas adalah sebagai berikut:

=IF(ISNA(VLOOKUP(A7,daftar,2,FALSE)),"",VLOOKUP(A7,daftar,2,FALSE))

Penjelasan:
Fungsi IF(Kondisi,JikaBenar,JikaSalah).
Jika kondisi rumus Vlookup() nilainya #N/A, tampilkan nilai kosong ("") jika tidak maka tampilkan hasil rumus VLOOKUP(A7,daftar,2,FALSE)
Post a Comment