Search This Blog

Loading...

Current Event pada Form Access

Current event pada form Access terjadi ketika focus berpinah ke sebuah record, membuat current record atau ketika form di refresh atau di requery.

Untuk menjalankan macro atau event procedure ketika event current terjadi anda harus menset property OnCurrent ke nama macro atau ke [Event Procedure].

Event ini terjadi ketika form dibuka dan focus berpindah ke record lain. Microsoft Access menjalankan Current macro atau event procedure sebelum record pertama atau record selanjutnya ditampilkan.

Dengan menjalankan macro atau event procedure ketika event Current terjadi, anda dapat menampilkan pesan atau melakukan sinkronisasi record pada form lain berdasar current record. Misalnya, ketika record pelanggan menjadi current anda dapat menampilkan daftar order sebelumnya dari pelanggan tersebut. Ketika record suplier menjadi current, anda dapat menampilkan produk yang dibuat oleh suplier pada form suplier.

Jika macro yang anda buat atau event procedure yang anda buat menjalankan method GoToControl atau GoToRecord action atau method yang berhubungan dengan object DoCmd yang merespon event Open maka event current akan terjadi.

Event current juga terjadi ketika anda merefresh form atau me-requery form yang berhubungan dengan tabel atau query, misalnya ketika anda mengklik Remove Filter/Sort pada menu Record atau menggunakan Requery action pada macro atau method Requery pada code Visual Basic.

Ketika anda membuka form, event yang terjadi berurutan sebagai berikut:

Open => Load => Resize => Activate => Current
Post a Comment