Search This Blog

Loading...

Start, Paus, and Stop SQL Server

Sebelum Anda masuk ke sebuah instance dari Microsoft ® SQL Server ™, Anda perlu tahu bagaimana memulai, menghentikan sebentar, dan menghentikan sebuah instance dari SQL Server. Setelah Anda login, Anda dapat melakukan tugas-tugas seperti administrasi server atau query database.

Menggunakan SQL Server Service

Ketika anda memulai sebuah instance dari SQL Server, anda memulai SQL Server service. Setelah anda memulai SQL Server service, pengguna dapat membuat koneksi baru ke server. SQL Server dapat distart dan distop sebagai Microsoft Windows NT ® 4.0 atau Windows ® 2000 service atau Windows XP service, baik secara lokal maupun remote. SQL Server disebut sebagai MSSQLSERVER jika itu adalah default instance, atau MSSQL $ instancename jika itu adalah named instance.

Menggunakan SQL Server Service Manager
Jika Anda menjalankan Microsoft Windows 98, MS SQL Server Service Manager dapat digunakan untuk memulai, pause, stop dan pemeriksaan kondisi dari layanan lokal, meskipun tidak bisa mengelola layanan secara remote.

Jika Anda harus me-restart komputer Anda, SQL Server Service Manager muncul secara otomatis dan default service ditampilkan. Adalah mungkin untuk mengubah layanan default pada komputer lokal melalui SQL Server Service Manager. Ketika Anda me-restart komputer, layanan default akan ditampilkan di SQL Server Service Manager. Misalnya, jika Anda mengubah layanan default untuk SQL layanan Server Agen, kemudian mematikan komputer, waktu berikutnya Anda memulainya, SQL Server Agent service akan ditampilkan di SQL Server Service Manager.

SQL Server Service Manager juga dapat digunakan untuk memulai, menghentikan sebentar, atau menghentikan sebuah instance dari SQL 2000 Server Analysis Services.

Untuk mengubah layanan default

Service Manager

Bagaimana mengubah layanan default (Service Manager)
Untuk mengubah layanan default

Klik kanan SQL Server Service Manager, kemudian klik Option.

Pada Default Service box, pilih service standar baru untuk menampilkan melalui SQL Server Service Manager. Ketika Anda me-restart komputer, layanan yang muncul adalah default baru. Misalnya, jika Anda mengubah layanan default ke layanan SQLServerAgent dan kemudian mematikan komputer, waktu berikutnya Anda memulainya, SQLServerAgent service akan ditampilkan dalam Service Control Manager. Anda hanya dapat mengubah layanan default untuk mesin lokal.


Menggunakan Layanan SQLServerAgent

SQLServerAgent adalah Windows NT 4.0 atau service Windows 2000/XP yang melakukan tugas, monitor SQL Server, dan memberikan tanda. SQLServerAgent adalah layanan yang memungkinkan anda untuk mengotomatisasi beberapa tugas-tugas administrasi. Dengan demikian, anda harus memulai layanan SQLServerAgent sebelum tugas lokal atau multiserver administratif dapat berjalan secara otomatis. SQL Server Agent berjalan sebagai sebuah service yang disebut SQLServerAgent jika itu adalah standar contoh atau SQLAgent $ instancename jika itu adalah instance named.

Jika SQL Server service dan service SQL Server Agent tidak dikonfigurasi untuk start secara otomatis, Anda harus startr secara manual.

Mengatur Interval Polling
Status pelayanan berbagai komponen SQL Server dipantau secara teratur oleh SQL Server Enterprise Manager dan SQL Server Service Manager. Keduanya memungkinkan interval monitoring akan diubah.

SQL Server Enterprise Manager
Anda dapat mengatur interval di mana SQL Server Enterprise Manager mengecek status dari SQL Server, SQL Server Agent, fitur Pencarian Full-Text (yang berjalan sebagai layanan Search Microsoft), SQL Mail, Replikasi Monitor, dan Microsoft Distributed Transaction Coordinator ( MS DTC) untuk menentukan apakah mereka sedang berjalan, dihentikan sebentar, atau berhenti. Status setiap layanan yang ditampilkan melalui ikon di pohon konsol dari Microsoft Management Console (MMC).

SQL Server Service Manager
Anda dapat mengatur interval dimana SQL Server Service Manager mengecek status dari SQL Server, SQL Server Agent, fitur Pencarian Full-Text, dan MS DTC untuk menentukan apakah mereka sedang berjalan, dihentikan sebentar, atau berhenti. Lihat status dengan mengklik ikon SQL Server Service Manager pada taskbar Windows
Post a Comment