Search This Blog

Loading...

Relasi Tabel Aplikasi Akuntansi Jasa

Setelah kita melakukan perancangan tabel untuk aplikasi akuntansi jasa selanjutnya kita akan merelasikan semua tabel-tabel tersebut.

Relasi tabel biasanya dilakukan antara tabel master dengan tabel transaksi dengan tipe relasi satu ke banyak. Misalnya tabel Daftar_Akun direlasikan dengan tabel Jurnal_Detail melalui field Kode_Akun.

Relasi tabel dari satu ke banyak: Tabel yang berelasi satu selalu memiliki field primary key yang digunakan untuk relasi fieldnya dan tabelnya berupa master tabel, sedangkan tabel dengan relasi banyak biasanya field yang direlasinkannya adalah foreign key dengan jenis tabel transaksi.

Relasi tabel satu ke satu dilakukan pada tabel yang mempunyai primary key yang sama.



Daftar Relasi Tabel

1. Relasi tabel Jurnal dan Jurnal_Detail

Relasi tabel Jurnal dan Jurnal_Detail bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Jurnal dapat berelasi dengan banyak record pada tabel Jurnal_Detail. Field yang direlasikan adalah No_Jurnal. Field No_Jurnal merupakan primary key pada tabel Jurnal.

2. Relasi tabel Daftar_Akun dan Jurnal_Detail

Relasi tabel Daftar_Akun dan Jurnal_Detail bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Daftar_Akun dapat berelasi dengan banyak record pada tabel Jurnal_Detail. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun. Field Kode_Akun merupakan primary key pada tabel Daftar_Akun.

3. Relasi tabel Daftar_Akun dan Mutasi_Akun

Relasi tabel Daftar_Akun dan Mutasi_Akun bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Daftar_Akun dapat berelasi dengan banyak record pada tabel Mutasi_Akun. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun. Field Kode_Akun merupakan primary key pada tabel Daftar_Akun.

4. Relasi tabel Mutasi_Akun dan Mutasi_Akun_Detail

Relasi tabel Mutasi_Akun dan Mutasi_Akun_Detail bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Mutasi_Akun dapat berelasi dengan banyak record pada tabel Mutasi_Akun_Detail. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun, Bulan dan Tahun. Field Kode_Akun, Bulan dan Tahun merupakan primary key pada tabel Mutasi_Akun.

5. Relasi tabel Daftar_Akun dan Neraca

Relasi tabel Daftar_Akun dan Neraca bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Daftar_Akun dapat berelasi dengan banyak record pada tabel Neraca. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun. Field Kode_Akun merupakan primary key pada tabel Daftar_Akun.

6. Relasi tabel tmp_Jurnal dan tmp_Jurnal_Detail

Relasi tabel tmp_Jurnal dan tmp_Jurnal_Detail bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel tmp_Jurnal dapat berelasi dengan banyak record pada tabel tmp_Jurnal_Detail. Field yang direlasikan adalah No_Jurnal. Field No_Jurnal merupakan primary key pada tabel tmp_Jurnal.

7. Relasi tabel Daftar_Akun dan tmp_Jurnal_Detail

Relasi tabel Daftar_Akun dan tmp_Jurnal_Detail bertipe relasi satu ke banyak, dimana satu record pada tabel Daftar_Akun dapat berelasi dengan banyak record pada tabel tmp_Jurnal_Detail. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun. Field Kode_Akun merupakan primary key pada tabel Daftar_Akun.

8. Relasi tabel Daftar_Akun dan Akun_Perubahan_Modal

Relasi tabel Daftar_Akun dan Akun_Perubahan_Modal bertipe relasi satu ke satu, dimana satu record pada tabel Daftar_Akun dapat berelasi dengan satu record pada tabel Akun_Perubahan_Modal. Field yang direlasikan adalah Kode_Akun. Field Kode_Akun merupakan primary key pada tabel Daftar_Akun dan pada tabel Akun_Perubahan_Modal.
Post a Comment