Search This Blog

Loading...

Mencetak Slip Potongan Koperasi Pake Excel


Jika anda mempunyai data tebel daftar potongan koperasi pada tabel Excel dan anda ingin mencetak slip potongan koperasi untuk dibagikan kepada anggota anda dapat menggunakan macro untuk mencetak data dari tabel menjadi slip untuk masing-masing anggota.

Pada posting kali ini saya akan membahas cara mencetak data dari sebuah tabel daftar potongan anggota koperasi menjadi slip potongan untuk dibagikan kepada anggota.

Pada contoh ini tabel terdiri dari kolom-kolom No Anggota, Nama, Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela, Simpanan Harkop (Hari Koperasi), Pot. Pinjaman uang, Bunga Pinjaman Uang, Potongan Pinjaman Barang, Potongan Barang Konsumsi, Cicilan Kendaraan, CicilanPinjaman Pendidikan dan Total Jumlah Potongan.

Hasil cetak data slip adalah satu lembar kertas A4 akan berisi 4 buah slip untuk 4 anggota koperasi. Jadi anda harus memotong kertas A4 menjadi 4 bagian sebelum membagikan kepada anggota koperasi.

Cara mencetak slip potongan koperasi adalah :
  1. Set default printer ke printer yang akan digunakan untuk mencetak data slip potongan.
  2. Buka file excel contoh yang dapat anda download di sini.
  3. Tempatkan kursor pada cell nomor Anggota yang akan dicetak kemudian jalankan macro pada file excel contoh yang telah saya sediakan.
  4. Akan muncul jendela pilihan macro untuk dijalankan.
  5. Pilih macro TampilkanMenu lalu klik tombol Run
  6. Akan muncul form Cetak Data Potongan Koperasi
  7. Isi bulan potongan koperasi dari combo box, isi tahun dan isi tanggal.
  8. Klik tombol Cetak untuk mencetak slip.
Pada contoh file yang disediakan ada 20 data anggota koperasi, anda dapat menambahkan data anggota pada baris selanjutnya jika perlu.

Jika anda bermaksud mencetak sebagian data misalnya anda ingin mencetak data baris ke 5 sampai ke 8 anda harus menginsertkan baris kosong setelah data ke 8 dan anda letakkan kursor pada nomor anggota baris ke 5 kemudian jalankan macro.

No comments: