Search This Blog

Loading...

Membuat Struktur Organisasi di Excel

Bagaimana cara membuat struktur organisasi di Excel?
Jika anda ingin membuat struktur organisasi menggunakan Microsoft Excel ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka file Excel ynag baru
  2. Dari menu Insert pilih Picture kemudian pilih Organization Chart.
  3. Akan muncul Organization Chart dan Toolbar Organization Chart.


  4. Untuk memberi nama atau tulisan pada kotak struktur organisasi klik pada kotak struktur organisasi, kursor akan berada dalam kotak dan anda tinggal menuliskan nama yang akan ditempatkan pada kotak struktur organisasi, misalnya Direktur, Manager Produksi, Manager Pemasaran, Manager HRD dan lain-lain.
  5. Untuk menambahkan kotak struktur organisasi klik pada kotak di mana kita akan menambahkan kotak lalu klik pada tanda segitiga di menu Insert Shape pada Toolbar Organization Chart. Ada tiga pilihan yaitu Subordinate, Coworker dan Assistant
    • Pilihan subordinate adalah untuk membuat kotak dibawah kotak yang kita pilih.
    • Pilihan Coworker adalah untuk menambah struktur (kotak) sejajar pada kotak yang kita pilih.
    • Pilihan Assistant adalah untuk menambah struktur atau kotak dibawah kotak yang kita pilih dengan arah garis kesamping.
  6. Untuk menghapus kotak struktur yang ada klik kanan pada kotak yang akan dihapus lalu pilih delete dari menu popup yang muncul.
  7. Untuk merubah format layout struktur organisasi, pilih tombol Layout pada toolbar Organization chart. Akan muncul pilihan Standard, Both Hanging, Left Hanging dan Right Hanging. Silakan anda coba-coba untuk menentukan yang paling cocok dengan kebutuhan anda.
  8. Untuk merubah style dari Struktur organisasi anda dapat mengklik tombol Autoformat dari toolbar organization chart (tombol paling kanan). Akan muncul Organization chart style galery. Anda tinggal memilih style yang anda sukai dari daftar style yang ada. Jika anda pilih salah satu sytle, maka akan ditampilkan sample dari style yang anda pilih. Untuk menerapkan style pilihan anda, klik tomblo Apply.

No comments: