Search This Blog

Loading...

Rancangan Form Aplikasi Akuntansi Perusahaan Jasa

Untuk proses entry data pada aplikasi akuntansi kita harus merancang form agar user dapat melakukan proses entry data dengan mudah.

Form yang digunakan pada aplikasi ini terdiri dari:

1. From Daftar Akun

Form Daftar Akun adalah form untuk menambah data, menampilka data, mengupdate data dan menghapus data Daftar Akun. Recoed Source Form Daftar Akun adalah tabel Daftar_Akun.

2. Form Akun Perubahan Modal

Form Akun Perubahan Modal adalah form untuk melakukan seting terhadap kode akun yang akan mengalami perubahan data nilainya jika suatu data periode transaksi akuntansi telah berakhir. Perubahan modal akan terjadi jika periode akhir akuntansi telah sampai dan rugi atau laba perusahaan telah dihitung. Jika perusahaan mengalami laba maka nilai modal pada periode akuntansi berikutnya akan bertambah sejumlah nilai laba yang diperoleh perusahaan. Sebaliknya jika perusahaan mengalami kerugian maka nilai modal akan berkurang sejumlah besarnya kerugian perusahaan.

3. Form Entry Jurnal.

Form Entry Jurnal adalah form yang digunakan untuk proses entry data jurnal umum. Form ini terdiri dari dua buah form yaitu form Jurnal dan Jurnal_Detail Subform.

Form Jurnal adalah form header sedangkan form Jurnal_Detail Subform adalah form subform. Record Source dari form Jurnal diset ke tabel tmp_Jurnal sedangkan record source untuk Jurnal_Detail Subform di set ke tabel tmp_Jurnal_Detail.

Setelah user selesai mengisi data jurnal, user harus mengklik tombol Save untuk menyiman data ke tabel Jurnal dan Jurnal_Detail sebagai data jurnal harian yang nantinya akan diverifikasi oleh user lain.



Pada form header user mengisikan data-data:
  1. Nomor Jurnal yaitu data yang harus diisi secara unik karena merupakan field primary key pada tabel Jurnal.
  2. Tanggal Transaksi yaitu data kapan transaksi akuntansi terjadi.
  3. Keterangan yaitu data deskripsi mengenai transaksi yang terjadi.
Pada form header juga terdapat data Total Kredit dan Total Kredit yang merupakan penjumlahan data Jurnal subform dari field Debet menjadi todal debet dan field Ktedit menjadi Total Kredit.

Pada subform user mengisikan data-data:
  1. Nomor Urut yaitu nomor urutan data pada subform yang harus dientry oleh user.
  2. Nama Akun yaitu nama akun dari transaksi yang terjadi. Nama akun dapat dipilih dari combo box.
  3. Kode Akun yaitu kode akun yang akan muncul jika Nama Akun diisi oleh user melalui pilihan combo box.
  4. Keterangan (optional) yaitu data keterangan tambahan jika user perlu menambahkan keterangan tambahan.
  5. Debet yaitu jumlah nilai transaksi untuk kolom debet
  6. Kredit yaitu jumlah nilai transaksi untuk kolom kredit.
Pada form header bagian bawah user mengisikan data-data:
  1. Disetujui oleh yaitu data personel yang mempunyai wewenang untuk menyetujui transaksi.
  2. Bendahara yaitu bendahara dari perusahaan.
  3. Kasir yaitu pemegang kas dari perusahaan.
  4. Terima/Bayar yaitu orang yang melakukan pembayaran atau yang menerima pembayaran.
4. Form Daftar Jurnal

Form Daftar Jurnal adalah form untuk menampilkan data transaksi jurnal yang telah dientry. Pada form ini disediakan proses untuk memverifikasi jurnal transaksi. Proses verifikasi adalah proses persetujuan suatu transaksi dan disini dilakuakn proses penambahan atau pengurangan nila dari akun-akun yang ada pada jurnal. Pada form ini juga disediakan tombol untuk mencetak data Jurnal.

5. Form Buku Besar

Form Buku Besar adalah form untuk menampilkan data buku besar. Form ini menampilkan data saldo awal suatu periode, jumlah mutasi atau perubahan dan saldo akhir dari setiap akun. Pada form ini disediakan tombol untuk mencetak buku besar, neraca dan neraca akhir.

6. Form Rugi Laba.

Form Rugi Laba adalah form untuk menampilkan data perhitungan rugi laba pada suatu periode transaksi. Pada form ini ditampilkan data-data akun pendapatan dan biaya. Pada bagian akhir form dilakukan perhitungan rugi laba yang merupakan selisih antara pendapatan dan biaya.

7. Form Rugi Laba Bulanan

Form Rugi Laba Bulanan adalah form untuk menampilkan data perhitungan rugi laba pada suatu tahun periode transaksi. Pada form ini ditampilkan data-data summary pendapatan, biaya dan selisih antara pendapatan dan biaya.


8. Form Tutup Periode Transaksi

Form Tutup Periode Transaksi adalah form untuk melakukan proses penutupan suatu periode transaksi akuntansi. Biasanya dilakaukan pada akhir bulan jika semua data transaksi pada periode bulan tersebut telah diverifikasi semua data jurnalnya.

2 comments:

Anonymous said...

siang gan... mau tanya kalo yang full versi saya beli harganya berapa ?

Anonymous said...

siang gan kalo mau beli yang full versi berapa?