Search This Blog

Loading...

Data Foto atau Gambar pada Form Access

Data berupa foto atau gambar bisa ditambahkan pada form Access sebagai bagian dari data field di tabel. Misalnya untuk aplikasi Sistem Informasi Personalia kita perlu data gambar atau foto untuk setiap karyawan. Untuk menyimpan data foto atau gambar anda dapat menggunakan tipe data OLE Object pada tipe data field di tabel Karyawan.

Setelah anda membuat tabel data, anda dapat membuat form dari tabel data tersebut dengan Auto Form Columnar. Data field foto dengan tipe data OLE Object akan secara otomatis dicreate dalam form dengan tipe object Bound Object Frame.

Untuk memasukkan data foto anda buka form tersebut lalu isikan semua data text dengan mengetikkan data dari keyboard. Untuk data gambar atau foto anda dapat klik kanan pada object Bound Object Frame lalu pilih insert Object dari menu popup yang muncul. Akan muncul jendela untuk menginsertkan gambar dengan dua pilihan yaitu Create new dan Create from file. Anda harus memilih pilihan Create from file jika foto akan diambil dari file gambar. Klik tombol Browse untuk mencari file gambar/foto yang akan dimasukkan. Aktifkan check box Link jika anda akan menyimpan file gambar berupa link.


Dengan mengaktifkan check box Link, maka jika file gambar diedit atau diganti maka otomatis gambar pada form access juga akan berubah.
Post a Comment