Search This Blog

Loading...

Validasi Input Data Microsoft Access

Untuk mencegah kesalahan input data, kita dapat melakukan validasi data pada saat user melakukan entry data ke dalam database. Validasi data adalah proses pengecekan data yang dientry oleh user apakah memenuhi persyaratan yang kita inginkan atau tidak, jika ya maka data akan disimpan dalam tabel tetapi jika tidak aplikasi memberitahu user mengenai kesalahan input data tersebut.

Validasi data dapat diterapkan pada 2 level yaitu pada level tabel dan pada level form.

1. Validasi data pada level Tabel

Pada desain tabel Microsoft Access, ada property Validation Rule untuk setiap filed dalam tabel. Pada contoh berikut field JENIS_KELAMIN diset Validation Rule-nya “L” or “P” yang artinya field ini hanya bisa diisi huruf L atau P saja. Jika user mengisi data dengan yang lain akan muncul pesan Jenis Kelamin harus diisi L atau P sesuai dengan seting pada Validation Text.
Ekpresi pada Validation Rule dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya untuk field UMUR dengan tipe data Numeric kita dapat men-set rule >5 yang artinya field umur harus lebih besar dari 5 atau field Tanggal_Lahir dapat diset validasinya Between 1/1/1972 And 12/31/2005 yang artinya data Tanggal_Lahir hanya dapat diisi data antara 1/1/1972 sampai 12/31/2005.



2. Validasi data pada level Form

Selain validasi data pada level tabel kita juga dapat membuat validasi data pada level form Access. Misalnya pada form Access dengan data source tabel MT_ANGGOTA buka properties dari text box JENIS_KELAMIN, kemudian pada property Validation Rule isikan “L” Or “P” dan pada Validation Text isikan tulisan Jenis kelamin L atau P.
Dengan seting seperti ini maka jika user mengisi data text box JENIS_KELAMIN dengan huruf selain L dan P data tidak akan dapat di-save dan aplikasi akan memberikan warning sesuai tulisan yang ada pada Validation Text.

Post a Comment