Search This Blog

Loading...

Remote Control Terminal Service Windows 2003

Jika di Windows 2003 Server anda menggunakan terminal service untuk tempat bekerja user, anda dapat memonitor kegiatan user dengan sesionnya masing-masing.

Untuk melakukan monitoring terhadap user anda harus login ke Terminl Server Komputer sebagai anggota Administrator. Setelah anda login buka aplikasi Terminal Service Manager dari menu Administrative Tools.

Setelah aplikasi Terminal Service Manager terbuka expand server dari Terminal Server di mana user melakukan koneksi terminal service. Di jendela sebelah kanan akan muncul daftar nama user yang sedang terkoneksi ke terminal server.

Klik kanan pada nama user yang akan anda remote/monitor, lalu pilih menu Remote Control dari pop up menu yang muncul. Tergantung dari seting Terminal Service Configuration, remote control dapat diset dengan 3 jenis seting:

1. Use remote conrol with default user setting

Pilihan ini mengacu pada seting Remote Control dari masing-masing user di Active Directory.

2. Do not allow remote control

Pilihan ini tidak mengizinkan administrator melakukan remote control terhadap user yang bekerja pada terminal service.

3. Use remote control with the following setting:

- Require user permission
- Only view the session
- Interact with the session

Pilihan ini mengizinkan administrator untuk melakukan remote control/monitoring terhadap user dengan persyaratan.
Jika check box Require user permission diaktifkan, maka untuk dapat melakukan remote control, administrator harus mendapat izin dari user yang akan dimonitor. Dan jika diizinkan, maka ada dua seting yang dapat diterapkan yaitu:
  • Pilihan Only view the session adalah remote control hanya memonitoring saja tanpa dapat intervensi terhadap session user.
  • Pilihan Interact with the session adalah pilihan agar administrator dapat berinteraksi dengan session user, yaitu administrator dapat melakukan operasi normal layaknya user bekerja pada termial server. (Membuka file, menjalankan program dan lain-lain).
Post a Comment