Search This Blog

Loading...

Fungsi VLookup() Microsoft Excel

Fungsi VLookup() adalah fungsi untuk mencari nilai pada kolom paling kiri dari suatu tabel dan mengembalikan nilai pada baris yang sama dari kolom yang anda tentukan pada tabel. Gunakan VLookup() daripada HLookup() ketika anda membandingkan nilai yang berada dalam kolom sebelah kiri dari data yang anda ingin temukan.

Huruf V dalam VLookup singkatan dari Vertical.

Cara penulisan fungsi VLookup()

VLookup(nilai_dicari,table_array,index_kolom,range_lookup)
  • nilai_dicari adalah nilai yang dicari pada kolom pertama dari array. nilai_dicari dapat berupa suatu nilai, sebuah referensi atau sebuah text string.
  • table_array adalah tabel dari informasi dimana data dicari. Gunakan referensi berupa sebuah range atau nama range, seperti database atau list.
  • index_kolom adalah nomor kolom dalam table_array dari mana nilai yang cocok harus dikembalikan. Index_kolom 1 mengembalikan nilai dari kolom pertama dari table_array; index_kolom 2 mengembalikan nilai dari kolom kedua dan seterusnya.
  • range_lookup adalah nilai logika yang menentukan apakah anda mencari nilai yang benar-benar sama atau mendekati sama. Jika TRUE atau diabaikan atau kosong nilai yang mendekati yang akan dikembalikan. Dengan kata lain jika nilai yang sama tidak ditemukan maka nilai yang terbesar yang lebih kecil dari nilai_dicari dikembalikan. Jika FALSE, VLookup akan mencari yang benar-benar sama. Jika tidak ditemukan nilai error #N/A akan dikembalikan.

No comments: