Search This Blog

Loading...

Fungsi DateDiff() Microsoft Access

Fungsi DateDiff() MS-Access menghasilkan data angka yang menunjukkan angka interval di antara dua tanggal atau waktu. Jika anda perlu mengitung waktu baik detik, menit, jam, hari, minggu, bulan maupun tahun dari 2 buah data tanggal atau waktu anda dapat menggunakan fungsi DateDiff().

Cara penulisan: DateDiff(interval, date1, date2[, firstdayofweek[, firstweekofyear]])

Argumen:
  • Interval harus diisi, ekpresi string yang merupakan interval dari waktu yang anda gunaan untuk menghitung perbedaan antara
  • date1 dan date2 Date1, date2 harus diisi, tipe data tanggal yang akan dihitung intyervalnya.
  • Firstdayofweek optional, konstanta yang menunjukkan hari pertama dalam minggu. Jika tidak disebutkan, maka hari minggu sebagai hari pertama.
  • Firstweekofyear optional, Konstanta yang menunjukkan minggu pertama dalam tahun. Jika tidak disebutkan maka minggu pertama adalah minggu di mana 1 Januari berada.
Seting
Argumen Interval memiliki seting berikut:
Seting Keterangan
yyyy Year (tahun)
q Quarter
m Month (bulan)
y Day of Year (hari dari tahun)
d Day (hari)
w Weekday (hari dari minggu)
ww Week (minggu)
h Hour (jam)
n Minute (menit)
s Second (detik)
Catatan:
Anda dapat mengunakan fungsi DateDiff untuk menghitung berapa waktu interval di antara dua data tanggal. Misalnya anda dapat menggunakan DateDiff untuk menghitung jumlah hari di antara dua tanggal, atau jumlah minggu antara hari ini dan akhir tahun.
Contoh penggunaan fungsi DateDiff()
Private Sub Command0_Click()
Dim TheDate As Date  
' Deklarasi variables.
Dim Msg TheDate = InputBox("Masukan tanggal")
Msg = "Jumlah hari dari hari ini: " & DateDiff("d", Now, TheDate)
MsgBox Msg
End Sub
Jika anda jalankan procedre ini, access akan meminta inputan data tanggal dari user. Setelah anda isi tanggal dan mengklik OK, maka akan muncul dialog box dengan tulisan "Jumlah hari dari hari ini : " diikuti jumlah hari hasil perhitungan fungsi DateDiff.
Contoh untuk menghitung data jumlah jam dari saat ini sampai dengan jam 14:00 pada tanggal 10 Oktober 2010 fungsi yang ditulis adalah : DateDiff("d", Now, "10/10/2010 14:00")
Contoh untuk menghitung data detik dari saat ini sampai dengan jam 14:00 pada tanggal 10 Oktober 2010 fungsi yang ditulis adalah : DateDiff("d", Now, "10/10/2010 14:00")
Catatan:
Jika date2 lebih lama dari date1 maka hasil yang diperoleh akan bernilai negatif.

2 comments:

loke said...

mampir malam malam, biasaaaaa, lelaki.....

JHendarta said...

izin download buat belajar ya ??? makasih sebelume gan