Search This Blog

Loading...

Action Query Microsoft Access

Action query adalah query yang membuat perubahan atau memindahkan banyak records dalam satu operasi. Ada 4 jenis dari action query yaitu delete, update, append, dan make-table.

1. Delete query

Delete query menghapus satu group records dari satu atau lebih tabel. Misalnya anda dapat menggunakan delete query untuk menghilangkan produk yang discontinue atau yang tidak ada order-nya. Dengan delete query anda selalu menghapus semua records tidak hanya filed yang dipilih dalam records.
Anda dapat menggunakan delete query untuk menghapus records dari satu tabel, dari banyak tabel dalam relasi one-to-one, atau dari banyak tabel dalam relasi one-to-many, jika cascading delete diset enable.

2. Update query

Sebuah update query membuat perubahan menyeluruh kepada satu kelompok records dalam satu atau banyak tabel. Misalnya anda dapat menurunkan harga sebanyak 10% untuk semua produk makanan, atau anda dapat mnaikkan gaji sebesar 5% untuk orang dengan kategori pekerjaan tertentu. Dengan qury update anda dapat merubah data pada tabel.

3. Append query

Append query menambah satu grup records dari satu atau banyak table ke akhir dari satu atau banyak tabel lainnya. Misalnya anda perlu menambahkan data customers baru yang ada pada tabel di database yang lain, dari pada anda menginput ulang anda dapat memasukkan data dengan append query. Append query juga dapat membantu untuk:
  • Menambahkan fields berdasar kriteria. Misalnya anda mungkin ingin menambahkan hanya nama dan alamat dari customers dengan order yang belum lunas.
  • Menambahkan records dimana beberapa fields pada satu tabel tidak ada pada tabel lainnya. Misalnya tabel Customers memiliki 11 fields dan anda akan menambahkan data dari tabel lain yang memiliki 9 fields yang sama. Append query akan menambahkan data pada fields yang cocok dan mengabaikan data lainnya.
4. Make-table query

Make-table query membuat tabel dari semua atau sebagian dari data dalam satu atau banyak tabel. Make-table query berguna untuk:
  • Membuat tabel untuk mengexport ke database Microaoft Access yang lain.
  • Membuat form dan report atau data access pages yang menampilkan data dari satu titik waktu.
  • Membuat backup dari tabel secara otomatis menggunakan macro atau code.
  • Membuat sejarah tabel yang berisi data lama. Misalnya anda membuat tabel yang menyimpan data order lama sebelum menghapusnya dari tabel order yang digunakan.
  • Meningkatkan performance dari form, report dan data access page. Misalnya anda ingin membuat report dari query 5 tabel, anda dapat membuat tabel untuk menampung data dari query 5 tabel, kemudian menjadikan tabel baru ini sebagai sumber untuk report yang anda buat.
Post a Comment