Search This Blog

Loading...

Parameter query Microsoft Access

Parameter query adalah query yang pada saat dijalankan menampilkan dialog box yang meminta input dari user sebagai kriteria sebelum data ditampilkan atau sebagai data yang akan diinsert pada tabel.

Anda dapat mendesain query yang meminta input lebih dari satu buah data inputan, misalnya anda dapat mendesain query dengan input parameter 2 buah tanggal. Microsoft Access kemudian akan menampilkan semua records yang memenuhi kriteria di antara kedua tanggal tersebut.

Parameter juga cocok untuk digunakan sebagai dasar untuk pembuatan form, report dan data access pages. Misalnya anda dapat membuat laporan pendapatan bulanan berdasarkan parameter query. Pada saat anda mencetak laporan, Access menampilkan dialog box yang meminta user mengisi bulan data pendapatan laporan akan dicetak. Anda mengisi bulan dan Access mencetak datanya.

Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut dengan parameter.
  • Membuat form kusus atau dialog box untuk parameter query, daripada menggunakan dialog box parameter query, kemudian menampilkan hasil pada datasheet. Misalnya anda dapat menambahkan tombol dan kontrol yang lain dalam dialog box kusus.
  • Mencetak kriteria yang dimasukkan pada parameter query untuk laporan pada report header, sehingga anda dapat mengetahui dari laporan nilai yang menghasilkan laporan tersebut.
  • Sebagai alternatif pada parameter query, gunakan sebuah form untuk mengisikan kriteria laporan kemudian tampilkan hasilnya pada laporan.
Post a Comment