Search This Blog

Loading...

Membuat View SQL Server

View di SQL server berisi perintah query untuk menampilkan data dari satu atau lebih tabel atau view lainnya. Perintah query pada view selalu diawali dengan clausa SELECT.

Cara membuat View di SQL Server:

  1. Klik kanan pada View di SQL Enterprise Manager lalu pilih New View pada pop up menu yang muncul.


  2. Akan tampil jendela New View. Jendela New View terdiri dari 4 bagian, bagian pertama (paling atas) adalah bagian tempat tabel atau view yang di-include-kan pada perintah select, bagian kedua adalah daftar kolom dari tabel atau view lain yang akan ditampilkan atau dijadikan sebagai kolom kondisi where, bagian ketiga adalah tulisan perintah select dan bagian akhir adalah hasil eksekusi dari perintah select.


  3. Anda dapat langsung menuliskan perintah query Select pada jendela New View bagian tiga. Misalnya untuk menampilkan data pada tabel Bulan anda bisa menuliskan SELECT * FROM dbo.BULAN. Setelah anda selesai menuliskan perintah query anda dapat mengeksekusi atau menjalankan perintah query dengan mengklik tanda seru (!) berwarna merah atau dengan cara mengklik kanan pada jendela New View lalu memilih menu Run dari pop up menu yang muncul.


  4. Tampilan pada jendela New View setelah perintah select query di-run akan berubah di mana pada jendela New View bagian atas akan muncul tabel Bulan, pada bagian kedua Column akan berisi tanda *, dan pada bagian keempat akan tampil isi dati dari tabel BULAN.
  5. Untuk menyimpan VIEW yang telah anda buat klik tombol Save dan akan muncul jendela Save As.
  6. Isi nama VIEW yang telah kita buat, misalnnya VIEW_BULAN, lalu klik tombol OK. View baru anda suah disimpan di SQL Server.
Post a Comment