Search This Blog

Loading...

Option Base

Statemen Option Base digunakan pada level module untuk mendeklarasikan default nilai terendah dari subscript array.

Syntax:

Option Base {0 | 1 }

Catatan:
Karena nilai default adalah 0, maka default base tidak diperlukan. Jika digunakan, statemen ini harus ditempatkan pada awal module sebelum procedure atau sub apapun dalam module. Option Base hanya dapat dituliskan sekali dalam sebuah module dan harus mendahului deklarasi array yang mengandung dimensi.

Klausa To pada statemen Dim, Private, Public, ReDim, dan Static menyediakan cara yang lebih flexibel untuk mengontrol dari range subscript array. Walaupun anda tidak menset secara eksplisit ukuran terendah dengan klausa To, anda dapat menggunakan Option Base untuk mengganti default terendah index array ke 1. Dasar dari array yang dibuat dengan keyword ParramArray adalah nol. Option Base tidak berefek pada ParamArray (atau fungsi array)

Contoh penggunaan Option Base

Pada contoh ini menggunakan statemen Option Base untuk mengesampingkan nilai default base array subscript 0. Fungsi LBound menghasilkan nilai subsript terkecil yang ada untuk dimensi array yang telah ditentukan. Statemen Option Base hanya ditempatkan pada level module.
Option base 1    ' Set default array subscripts to 1.

Dim Lower
Dim MyArray(20), TwoDArray(3, 4)    ' Declare array variables.
Dim ZeroArray(0 To 5)    ' Override default base subscript.
' Use LBound function to test lower bounds of arrays.
Lower = LBound(MyArray)    ' Returns 1.
Lower = LBound(TwoDArray, 2)    ' Returns 1.
Lower = LBound(ZeroArray)    ' Returns 0.
Post a Comment