Search This Blog

Loading...

Laporan Akuntansi dengan Access

Setiap aplikasi harus menyediakan report atau laporan yang akan menjadi output atau keluaran untuk digunakan oleh user.

Pada contoh aplikasi akuntansi dengan menggunakan Microsoft Access ini ada beberapa report atau laporan akuntansi yang dihasilkan untuk keperluan dokumentasi dan laporan keuangan.

Output atau laporan yang ada antara lain:

1. Jurnal Umum

Jurnal umum pada aplikasi ini adalah print out dari suatu transaksi akuntansi. Pada print out ini dicetak data-data No Jurnal, Tanggal Transaksi, Keterangan, KodeAkun, Nama Akun, Jumlah Debet dan Jumlah Kredit, Total jumlah debet, total jumlah kredit.
Nama staf yang menyetujui transaksi, nama staf bendahara, nama staf pemegang kasir kasir, penerima/pembayar transaksi.


2. Laporan Rugi Laba

Laporan Rugi Laba adalah laporan perhitungan rugi laba. Perhitungan rugi laba adalah selisih antara total pendapatan dan total biaya dalam satu periode akuntansi. Nilai rugi laba yang yang diperoleh akan menjadi nilai untuk proses perubahan modal. Jika nilai perusahaan memperoleh laba atau keuntungan maka nilai laba yang diperoleh akan menambah nilai modal pada periode transaksi berikutnya. Sebaliknya jika perusahaan mengalami kerugian, nilai ini akan mengurangi nilai akun modal.


3. Neraca

Laporan Neraca pada aplikasi ini menampilkan data current nilai saldo akhir setiap akun. Pada laporan ini ditampilkan saldo awal setiap akun, mutasi atau perubahan yang terjadi dan saldo akhir.


4. Neraca Akhir

Neraca Akhir adalah neraca yang dibuat pada akhir periode. Neraca akhir suatu periode menjadi saldo awal dari setiap akun pada periode berikutnya. Pada Neraca Akhir hanya ditampilkan nilai saldo akhir dari akun-akun harta, utang dan modal. Akun-akun Biaya dan Pendapatan tidak ditampilkan pada neraca akhir karena nilai-nilai Biaya dan Pendapatan telah diset ke nol dan selisih pendapatan dan biaya telah dipindahkan ke akun Modal.


5. Buku Besar

Laporan buku besar pada aplikasi ini menampilkan jumlah saldo awal, jumlah perubahan atau mutasi dan saldo akhir dari masing-masing kode akun. Selain itu juga diprint data histori transaksi yang mempengaruhi perubahan saldo akun.


1 comment:

bumbu pecel bali said...

isinya menarik yaa
sangat memberikan motivasi

berkunjung ke sini juga yaa...

http://kursusinternetmarketingmurah.blogspot.com
http://bumbupecelbali.blogspot.com

Dari http://bantalsilikon01.blogspot.com
http://bantalsilikon01.blogdetik.com/

tanks very much.... :)