Search This Blog

Loading...

Fungsi IsDate() pada Microsoft Access

Fungsi IsDate() pada Microsoft Access adalah fungsi untuk memeriksa apakah suatu variabel atau expresi adalah merupakan data tanggal atau bukan.

Fungsi Isdate menghasilkan nilai boolean True atau False yang mengindikasikan suatu expresi dapat dikonversi ke tipe data tanggal (date).

Sintaks

IsDate(expression)

Argumen expression adalah sebuah variant yang mengandung date expression atau string expression yang dapat dikenali sebagai date atau time.

Catatan:

Fungsi IsDate bernilai True jika ekspresi adalah tanggal atau dikenali sebagai tanggal yang valid, jika tidak, bernilai False. Pada Microsoft Windows, rentang tanggal yang valid adalah tanggal 1 Januari 100 Masehi sampai dengan tanggal 31 Desember 9999 Masehi, range bervariasi tergantung sistem operasi.

Contoh:
Contoh ini menggunakan fungsi IsDate untuk menentukan apakah suatu ekspresi dapat dikonversi ke suatu tanggal.

Dim MyDate, YourDate, NoDate, MyCheck
MyDate = "February 12, 1969": YourDate = #2/12/69#: NoDate = "Hello"
MyCheck = IsDate(MyDate) ' Returns True.
MyCheck = IsDate(YourDate) ' Returns True.
MyCheck = IsDate(NoDate) ' Returns False.

Fungsi IsDate dapat digunakan untuk proses validasi data pada form Access. Misalkan anda mempunyai form entry data tanggal, anda dapat memeriksa data yang diisi oleh user apakah user mengentry data tanggal atau bukan. Jika data tanggal yang dientry maka proses dapat dilanjutkan misalnya menyimpan data dari form ke tabel, tetapi jika user mengisi bukan data tanggal tampilkan pesan error kepada user.

Post a Comment