Search This Blog

Loading...

Apa itu Msconfig

Msconfig (msconfog.exe) adalah aplikasi untuk System Configuration Ultility yaitu tools untuk melakukan perubahan beberapa seting registry tanpa harus masuk ke registry editor.

Hal-hal yang dapat diseting dengan aplikasi msconfig adalah :

1. General

Pada tab general anda dapat memilih proses startup windows dengan 3 pilihan yaitu
  • Normal Startup, pilihan ini akan melakukan load terhadap semua drivers dan services.
  • Diagnostic Startup, pilihan ini hanya akan meload devices dan services yang utama saja.
  • Selective Startup, pilihan ini memberikan opsi kepada user untuk mengaktifkan atau menonaktifkan setup tertentu, misalnya SYSTEM.INI file, WIN.INI file, System Services dan Load Startup Items

2. SYSTEM.INI file

Pada tab System.ini anda dapat menon-aktifkan atau mengaktifkan option pada file system.ini

3. WIN.INI file

Pada tab Win.ini anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan option pada file win.ini

4. BOOT.INI file

Tab ini adalah untuk menseting default OS pada saat komputer akan menjalankan OS. Jika anda mempunyai Multi OS pada komputer anda, misalnya anda menginstall Windows XP pada drive C: dan menginstall Windows 7 pada drive D. Anda dapat menentukan default pilihan apakah Windows XP atau Windows 7 yang akan dijalankan jika anda tidak memilihnya.
Seting time out pada tab ini adalah berapa lama computer menunggu input dari user untuk memilih Operating System, jika tidak ada reaksi dari user maka komputer akan masuk ke Operating System default.

5. Services

Pada Tab ini anda dapat menentukan service-service mana saja yang akan dijalankan windows dan service mana saja yang tidak dijalankan dengan cara men-check atau meng-uncheck pilihan pada nama service-nya.

6. Startup

Pada tab ini anda dapat menentukan stratup mana saja yang akan dijalankan oleh windows anda. Startup di sini ada yang berupa seting registry ataupun berupa startup dari Start menu Windows.
Post a Comment