Search This Blog

Loading...

Menulis Statemen Visual Basic

Statemen dalam Visual Basic adalah instruksi yang lengkap. Dapat berupa keywords, operator, variable, constant dan expression. Setiap statemen memiliki 3 kategori berikut:
  • Statemen deklarasi yang disebut variabel, contant, atau procedure.
    Menulis Statemen Deklarasi
  • Statemen assignment yang memberikan nilai atau ekpresi ke sebuah variabel atau constant.
    Menulis Statemen Assignment
  • Statemen eksekusi yang melakukan berbagai perintah atau aksi. Statemen ini dapat menjalankan method atau function dan mereka dapat berulang atau bercabang melalui blok dari kode. Statemen eksekusi selalu mengandung operator matematikal atau opeator kondisional.
    Menulis Statemen Eksekusi

Melanjutkan atau menyambung statemen pada lebih dari satu baris

Statemen biasanya tepat pada satu baris, tetapi anda dapat menyambung statemen pada baris berikutnya menggunakan line-continuation character (tanda under line (_) ). Pada contoh berikut, statemen eksekusi MsgBox bersambung hingga tiga baris:

Sub DemoBox()
'Precedure ini mendelarasikan variabel string,
'memberi nilai Agus, lalu menampilkan pesan
Dim myVar As String
myVar = "Agus"
MsgBox Prompt:="Halo " & myVar, _
Title:="Greeting Box", _
Buttons:=vbExclamation
End Sub

Menambah Komentar

Komentar dapat menjelaskan prosedur atau intruksi tertentu kepada siapa saja yang membaca kode anda. Visual Basic mengabaikan komentar ketika menjalankan procedur anda. Baris komentar diawali dengan tanda petik tunggal (') atau dengan statemen Rem diikuti spasi, dan dapat ditambahkan di mana saja dalam procedure. Untuk menambahkan komentar pada baris yang sama pada baris statemen, sisipkan tanda petik tunggal setelah statemen, diikuti komentar. Secara default komentar ditampilkan dengan warna text hijau.

Memeriksa Sintaks yang Error

Jika anda menekan ENTER setelah menuliskan baris kode dan baris tersebut ditampilkan berwarna merah (pesan kesalahan juga tampil), anda harus mencari kesalahan pada statemen anda, dan memperbaikinya.

Post a Comment