Search This Blog

Loading...

Membuat Variabel Object - MS Access - Visual Basic

Anda dapat memperlakukan variabel object sama persis dengan object ke mana dia merujuk. Anda dapat menset atau mengembalikan property dari object atau menggunakan metode-nya.

Untuk membuat variabel object:

  1. Deklarasikan variabel object.
  2. Set (assign) variabel object ke dalam object

Mendeklarasikan Variabel Object

Gunakan statemen Dim atau statemen deklarasi yang lain (Public, Private, atau Static) untuk mendeklarasikan variabel object. Variabel yang merujuk kepada object harus bertipe Variant, Object atau type specific dari object. Contoh berikut adalah benar:

' Mendeklarasikan MyObject sebagai type data Variant.
Dim MyObject

' Mendeklarasikan MyObject sebagai type dataObject.
Dim MyObject As Object

' Mendeklarasikan MyObject sebagai type Font.
Dim MyObject As Font

Catatan Jika anda menggunakan variabel object tanpa mendeklarasikan terlebih dahulu, maka tipe data dari variabel object secara default adalah Variant.

Anda dapat mendeklarasikan variabel object dengan tipe data object dimana tipe object tersebut tidak diketahui sampai procedure berjalan (runing). Gunakan tipe data object untuk membuat generic reference ke suatu object.

Jika anda mengetahui tipe object tertentu, anda harus mendeklarasikan variabel object sebagai tipe objet tersebut. Misalnya, jika aplikasi mengandung tipe object Sample, anda dapat mendeklarasikan variabel object untuk object tersebut menggunakan salah satu statemen berikut:

Dim MyObject As Object    ' Dideklarasikan sebagai object biasa.
Dim MyObject As Sample ' Dideklarasikan hanya sebagai Sample object.

Mendeklarasikan type object secara spesifik menghasilkan pengecekan type secara otomatis, kode yang lebih cepat dan meningkatkan pembacaan program.

Memberi Nilai Variabel Object ke dalam Object

Gunakan statemen Set untuk men-set sebuah object ke variabel object. Anda dapat meng-assign ekpresi object atau Nothing. Misalnya, proses assignment variabel object berikut adalah valid:

Set MyObject = YourObject    ' Assign object reference.
Set MyObject = Nothing ' Discontinue association.

Anda dapat mengkombinasikan deklarasi variabel object dengan proses assignment dengan menggunakan keyword New dan statemen Set. Misalnya:

Set MyObject = New Object ' Create and Assign

Setting variabel object ke Nothing artinya menghentikan referensi dari object ke variabel tersebut. Hal ini mencegah anda dari secara tidak sengaja merubah variabel object. Variabel object selalu set ke Nothing setelah menutup asosiasi object sehingga anda dapat memeriksa apakah variabel object tertuju ke object yang valid. Misalnya:

If Not MyObject Is Nothing Then
' Variable merujuk pada bject yang valid.
. . .
End If

Tentu saja, pemeriksaan ini tidak pernah dapat memastikan secara tepat apakah user sudah menutup aplikasi yang menandung objet tersebut ke mana variabel object merujuk.

Mereferensi pada Current Instance dari Object

Gunakan keyword Me untuk merujuk pada current instance dari object di mana kode berjalan (running). Semua procedure yang berasosiasi dengan current object dapat mengakses object dengan Me. Menggunakan Me sangat bermanfaat untuk melewatkan informasi tentang instance yang aktif dari object ke procedure pada module yang lain. Misalnya, anda mempunyai procedure berikut pada module:

Sub ChangeObjectColor(MyObjectName As Object)
MyObjectName.BackColor = RGB(Rnd * 256, Rnd * 256, Rnd * 256)
End Sub

Anda dapat memanggil procedure dan melewatkan instance yang aktif dari object sebagai argumen dengan statemen berikut.

ChangeObjectColor Me
Post a Comment