Search This Blog

Loading...

Memanggil Procedure dengan Nama yang Sama

Anda dapat memanggil procedure yang berada pada module pada project yang sama sebagai module yang aktif. Jika dua atau lebih module mengandung procedure dengan nama yang sama, anda harus menyebutkan nama module pada statemen pemanggil, seperti pada contoh berikut:

Sub Main()
Module1.MyProcedure
End Sub

Jika anda memberi nama yang sama pada dua procedure yang berbeda pada dua project yang berbeda, anda harus menyebutkan nama project pada saat memanggil procedure tersebut. Misalnya procedure berikut memanggil procedure Main pada module MyModule pada project MyProject.vbp project.

Sub Main()
[MyProject.vbp].[MyModule].Main
End Sub

Catatan Aplikasi yang berbeda mempunyai nama yang berbeda untuk project. Misalnya, pada Microsoft Access, project disebut database (.mdb); pada Microsoft Excel, ini disebut worksheet (.xls)

Tip untuk Memanggil Procedure

  • Jika anda merubah nama module atau project, pastikan untuk merubah nama module atau project di manapun pada statemen pemanggil; jika tidak, Visual Basic tidak dapat menemukan procedure yang dipanggil. Anda dapat menggunakan command Replace pada Edit menu untuk menemukan dan mengganti text pada module.
  • Untuk menghindari konflik penamaan diantara referensi project, berikan nama yang unik pada procedure sehingga anda dapat memanggil procedure tanpa menyertakan nama project atau module.
Post a Comment