Search This Blog

Loading...

Memahami Objects, Properties, Methods dan Events

Sebuah object merepresentasikan elemen dari aplikasi, seperti worksheets, cell, grafik, form, atau report. Dalam kode Visual Basic anda harus mengidentifikasi sebuah object sebelum anda dapat menggunakan metode dari object tersebut atau merubah nilai salah satu dari properti-nya.

Collection adalah object yang mengandung beberapa object lain, biasanya, tetapi tidak selalu, dari tipe yang sama. Di dalam Microsoft Excel, misalnya, object Workbooks mengandung semua object Workbook yang terbuka. Dalam Visual Basic, Forms collection mengandung semua object Form di dalam aplikasi.

Items dalam collection dapat diidentifikasi dengan nomor atau nama. Misalnya, dalam procedure berikut, Workbooks(1) menunjukkan object Workbook pertama yang terbuka.

Sub CloseFirst()
Workbooks(1).Close
End Sub

Procedure berikut menggunakan nama yang disebutkan sebagai string untuk mengidentifikasi object Form.

Sub CloseForm()
Forms("MyForm.frm").Close
End Sub

Anda juga dapat memanipulasi semua collection dari object jika object memiliki metod yang umum. Misalnya, procedure berikut menutup semua forms yag terbuka.

Sub CloseAll()
Forms.Close
End Sub

Method adalah aksi yang dapat dilakukan object. Misalnya, Add adalah method dari object ComboBox, sebab menambah data baru pada combo box.

Procedure berikut menggunakan method Add untuk menambah item ke dalam ComboBox.

Sub AddEntry(newEntry as String)
Combo1.Add newEntry
End Sub

Property adalah atribut dari object yang mendefinisikan karakteristik object, seperti ukuran, warna, atau lokasi pada layar, atau aspek dari kondisi atau status misalnya status enable atau visible. Untuk merubah karakteristik object anda dapat merubah nilai dari properti-nya.

Untuk men-set nilai property, ikuti referensi object dengan tanda titik, nama property dan tanda sama dengan (=), dan nilai property yang baru. Sebagai contoh, procedure berikut merubah caption (judul) form Visual Basic dengan men-seting property Caption.

Sub ChangeName(newTitle)
myForm.Caption = newTitle
End Sub

Anda dapat mengambil informasi tentang object dengan mengembalikan nilai property. Procedure berikut menggunakan message box untuk menampilkan judul yang muncul pada bagian atas form yang sdang aktif.

Sub GetFormName()
formName = Screen.ActiveForm.Caption
MsgBox formName
End Sub

Event adalah aksi yang dikenali oleh object, misalnya meng-klik mouse atau menekan tombol, di mana anda dapat menuliskan kode program untuk meresponnya. Even dapat terjadi sebagai hasil dari aksi user atau kode program, atau dapat juga didorong oleh system.

Post a Comment