Search This Blog

Loading...

Tip Menampilkan File dan Folder yang Tersembunyi (hidden)

Jika anda membuka folder C:\Documents and Settings\NamaUser (kita asumsikan windows diinstall pada drive C:) maka anda akan menemukan folder Desktop, My Documents, Start Menu, Favourites dan Cookies.

Sebetulnya pada folder ini ada beberapa folder lain yang disembunyikan oleh system windows anda. Untuk menampilkan folder yang tersembunyi, coba anda pilih Folder Options dari menu Tools pada Windows Explorer anda. Pada form Folder Options klik tab View.

Pada list box Advanched settings ada pilihan Hidden files and folders dengan defaultnya Do not show hidden files and folders. Anda pindahkan pilihan ini menjadi show hidden files and folders lalu klik OK. Hasilnya adalah folder yang tersembunyi akan ditampilkan pada jendela windows explorer anda dengan warna icon folder yang agak samar.

Mengapa ada folder yang tersembunyi dan tidak tersembunyi?

Setiap file dan folder mempunyai atribut yaitu archive, system, hidden dan Read only. Files dan folder tidak akan tampak pada windows explorer jika atribut hide-nya aktif. Kecuali anda ubah seting view pada folder option seperti yang baru saja kita seting. Sedangkan file dengan attribut system yang aktif akan tetap tidak tampak pada Windows explorer walaupun seting view sudah diaktifkan.

Hal ini adalah untuk keamanan komputer anda untuk mencegah terjadi file terhapus karena file system biasanya file yang tidak boleh terhapus.
Post a Comment