Search This Blog

Loading...

Tip membatasi aplikasi yang dapat digunakan di Windows XP

Di Windows XP kita dapat mengatur program apa saja yang bisa dijalankan dan yang tidak bisa dijalankan. Hal ini dapat diatur dengan Group Policy Editor.
Mari kita coba.....
Misalkan kita hanya ingin user hanya dapat menjalankan aplikasi MS-Excel dan MS-Word saja pada komputer.
Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah nama file executable dari Excel dan Word, yaitu EXCEL.EXE untuk Ms-excel dan WINWORD.EXE untuk aplikasi Ms-Word.
Setelah anda mengetahui nama file aplikasi tersebut, silakan anda buka Group Policy Editor dengan cara mengetikkan gpedit.msc pada Run dari Start Menu Windows lalu klik tombol OK. (Anda harus menjadi Anggota user Administrator pada komputer anda untuk dapat menjalankan proses ini)
Setelah muncul Group Policy Editor silakan anda masuk ke bagian User Configuration, kemudian double-klick pada folder System.
Di jendela sebelah kanan ada Setting 'Run only allowed Windows applications' dengan nilai State 'Not Configured' (jika belum ada yang merubah).
Silakan anda men-Double klick pada 'Run only allowed Windows applications', maka akan muncul Run only allowed Windows applications properties.
Anda akan melihat tiga buah option button (lingkaran pilihan) dengan nama Not Configured, Enabled dan Disabled.
Pilihlah Enabled untuk mengaktifkannya. Lalu klick tombol Show untuk melihat daftar aplikasi yang boleh dijalankan. Untuk memasukkan aplikasi yang boleh dijalankan klik tombol Add, lalu isikan nama file aplikasi yang akan boleh dijalankan yaitu excel.exe atau EXCEL.EXE lalu klik tombol OK kemudian klik lagi tombol Add ketikkan WINWORD.EXE atau winword.exe lalu klik tombol OK.

Selesai sudah pekerjaan kita.

Eith.... tunggu dulu !

Jika suatu saat anda ingin merubah setingan ini bagaimana ?

Bukankah anda hanya boleh menjalankan excel dan word saja.

Nah jangan lupa anda tambahkan 'mmc.exe'. Apa sih mmc.exe itu ?

MMC.EXE adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka Group Policy Editor !
[MMC=Microsoft Managment Console]

Klik lagi tombol Add lalu ketikkan mmc.exe lalu klick tombol OK. Klik lagi tombol OK. Klik tombol Apply atau OK pada Run only allowed Windows applications properties untuk mengaktifkan setingan baru kita.

Tutup windows Group Policy Editor.

Nah mulai sekarang anda hanya bisa menjalankan tiga aplikasi saja : excel, winword dan mmc.

Jika anda menjalankan selain aplikasi yang tiga ini akan mencul pesan : 'Restrictions' 'This operation has been cancceled due to bla bla bla .....'

Jika anda ingin merubah setingan ini silakan ulangi dari langkah membuka Group Policy Editor.

Anda harus mempertimbangkan hal lain sebelum menjalankan aksi ini. Apakah itu ?

Anda harus memastikan apakah komputer kita pada saat start up menjalankan aplikasi khusus, misalnya antivirus. Jika ya maka nama aplikasi tersebut juga harus ditambahkan pada daftar aplikasi yang boleh dijalankan.


Selamat mencoba dan hati-hati dalam menjalankan proses ini karena kalau tidak hati-hati nanti bisa-bisa anda sendiri yang repot.

No comments: