Search This Blog

Loading...

Merubah Work Group Menjadi Domain

Secara default jika kita menginstall Windowx XP maka komputer akan diset sebagai workgroup. Jika anda tidak tahu apakah komputer yang anda gunakan diset sebagai anggota workgroup atau sebagai anggota dari domain, maka cara mengetahuinya adalah sebagai berikut:
  1. Klik kanan pada icon My Computer
  2. Dari menu pilihan yang muncul pilih properties, akan tampil System Properties
  3. Klik pada tab Computer Name
  4. Di tab ini kita bisa melihat nama computer dan nama workgroup atau domain di mana computer ini bergabung
Jika komputer anda termasuk dalam anggota workgroup dan bermaksud untuk menggantinya menjadi anggota domain, maka di dalam jaringan tempat komputer anda harus ada komputer server yang disbut domain controler misalnya Windows 2003 server yang telah diset sebagai Server Domain Controler. Dan yang berhak untuk menggabungkan komputer ke dalam domain harus Administrator dari domian tersebut. Adapun cara mengganti workgroup menjadi domain adalah
  1. Klik kanan pada icon My Computer
  2. Dari menu pilihan yang muncul pilih properties, akan tampil System Properties
  3. Klik pada tab Computer Name
  4. Klik tombol Change, akan muncul dialog box Computer Name Change

  5. Pada bagian “Member of” klik pilihan Domain dan tuliskan nama domian dari jaringan komputer anda
  6. Klik tombol OK, komputer akan mendeteksi keberadaan server domain dalam jaringan. Jika server domain ada maka komputer akan meminta autentikasi berupa user name dan password dari user setingkat Administrator dalam domain.
  7. Jika autentikasi berhasil maka komputer dapat bergabung dengan domain dan harus direstart untuk mengaktifkan keanggotaanya dalam domain
Catatan: Jika anda tidak bermaksud merubah menjadi domain atau anda hanya merubah nama workgroup saja pilihan Domain tidak usah di klik.
Post a Comment