Search This Blog

Memperbaiki File Outlook.pst yang Rusak

Suatu saat anda tidak bisa membuka ms-outlook (Microsoft Outlook) anda karena file outlook.pst atau personal folder anda rusak atau korup (corrupt).

Bagaimana cara memperbaiki file outlook.pst yang rusak?

Microsoft telah menyediakan tools untuk memperbaiki file outlook.pst yang rusak. Program ini bernama Inbox Repair Tools. Nama file program ini adalah SCANPST.EXE dan secara default akan disimpan pada folder C:\Program Files\Common Files\System\Mapi\1033 pada harddisk komputer anda. Jika file ini tidak ditemukan coba anda install ulang Microsoft Office anda dengan pilihan instalation complete.

Cara menggunakan Inbox Repair Tools adalah:
  1. Pastikan bahwa anda tahu lokasi file outlook.pst yang akan diperbaiki. Biasanya file outlook.pst ada di folder C:\Documents and Settings\Administrator\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook (dengan asumsi user yang login ke windows bernama Administrator)
  2. Buka Windows Explorer lalu browse folder ke lokasi file SCANPST.EXE di folder C:\Program Files\Common Files\System\Mapi\1033
  3. Double klik file SCANPST.EXE, akan muncul windows program Inbox Repair Tools.
  4. Klik tombol Browse dan cari file outlook.pst yang akan diperbaiki.
  5. Klik Start jika anda sudah mendapatkan file outlook.pst-nya.
  6. Program akan men-scan (memeriksa) apakah file outlook.pst mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki atau tidak.
  7. Jika proses pemeriksaan (scan) sudah selesai akan muncul window status hasil Scan.
  8. Jika ada error maka Inbox Repair Tool akan memcoba memperbaikinya. Sebelum memperbaiki outlook.pst yang rusak kita bisa membackup terlebih dahulu file outlook.pst yang akan diperbaiki.

1 comment:

Anonymous said...

gan

kalo tetap masih error setelah diperbaiki, langkah apalagi yang harus ditempuh ?

mohon pencerahannya