Search This Blog

Membatasi ruang pemakaian harddisk (disk space) untuk user di Windows XP

Tahukah anda bahwa kita dapat membatasi pemakaian (quota) hardisk user di Windows XP ?
Apakah anda berniat menerapkan system quota pada harddisk komputer anda. System ini cocok digunakan untuk komputer yang digunakan oleh lebih dari satu orang pemakai.

Jika anda akan menerapkan sistem ini mari kita ikuti langkah-langkahnya.

Pertama anda harus meng-enable-kan quota management. Klik kanan pada Harddisk yang akan diset, lalu pilih properties.
(anda harus administrator dari komputer yang digunakan) Klik pada tab Quota pada harddisk properties yang muncul.

Beri tanda centang pada checkbox Enable quota management dan Deny disk space to users exceeding quota limit.
Beri tanda centang pada 2 checkbox Log event agar kita dapat memonitor user mana yang telah melebihi batas quota melalui event viewer.

Klik tombol Quota entries, akan muncul windows quota entries properties. Pada windows ini kita dapat menentukan jumlah quota hardisk untuk tiap-tiap user. Jika user yang dimaksud belum ada di sini, klik menu Quota entry lalu klik New Quota Entry. Isi nama user pada form Select users, lalu klik OK. Pada windows New Quota Entry klik pada option button 'Limit Disk Space to' lalu isi jumlah batas quota untuk user yang bersangkutan. Sedangkan Set Warning Level digunakan untuk memberikan peringatan kepada user jumlah quota yang telah dicapai. Misalnya quota untuk user adalah 20 MB, maka kita dapat men-set warning level sebesar 19MB. Klik tombol OK.

Untuk merubah seting quota user yang telah diset sebelumnya double klick pada user yang telah terdaftar pada daftar 'Quota Entries' lalu set data nilai quoatanya.

Tutup windows quota entries lalu klik tombol OK pada Harddisk properties.

Untuk mencoba setingan baru kita, silakan anda coba log on menggunakan user yang telah anda set quotanya dan coba mengcopy file melebihi quotanya ke folder My document user yang bersangkutan. Pada saat proses copy file melebihi quota yang telah ditentukan, akan ada warning dan proses tidak akan dapat dilanjutkan.


Selamat mencoba.

No comments: