Search This Blog

Loading...

Perbedaan antara ASP dan ASP.NET

ASP singkatan dari Active Server Pages. ASP.NET adalah generasi baru dari ASP. Setelah perkenalan ASP.NET, ASP lama disebut 'ASP klasik'.

ASP klasik menggunakan vb script untuk kode server side. VB Script sudah tidak disupport lagi dalam ASP.NET. Sebagai gantinya ASP.NET mensupport lebih banyak bahasa pemrograman termasuk C#, VB.NET, J# dan lainnya. VB.NET sangat mirip dengan vb script, jadi akan mudah untuk programmer Visual Basic atau ASP untuk berpindah ke VB.NET dan ASP.NET.

VB Script adalah bahasa script yang sederhana, sedangkan VB.NET atau C# adalah bahasa pemrograman yang modern, sangat powerful, bahasa pemrograman berorientasi objek. Dengan alasan itulah anda akan dapat menulis program ASP.NET lebih baik dibanding ASP.

Pada ASP klasik tidak ada server control. Anda harus menulis semua tag html secara manual. ASP.NET menawarkan banyak control yang disebut Server Control dan Html Control. Sangat mudah untuk men-drag dan drop control apapun pada sebuah web form. Visual Web Developper (Express) atau VS.NET akan secara otomatis menuliskan tag HTML yang diperlukan untuk anda.

ASP adalah interpereted, ASP.NET adalah compiled

Karena ASP menggunkana vb script, maka tidak ada proses kompilasi. Semua halaman ASP di-interpreted pada saat halaman web dieksekusi.

ASP.NET menggunkana bahasa .NET modern sepertiC#, VB.NET dan lainnya. Bahasa pemrograman ini dapat dikompilasi ke dalam Microsoft Intermediate Language (MSIL) yang efisien. Ketika anda meng-compile aplikasi ASP.NET, kode server side dikompilasi ke dalam bentuk assemblies. Assembliers di-load pada saat run-time yang membuat halaman ASP.NET berjalan lebih baik dari ASP klasik.

ADO dan ADO.NET

ASP klasik menggunakan teknologi yang disebut ADO untuk koneksi dan bekerja dengan database. ASP.NET menggunakan teknologi ADO.NET (yang merupakan generasi baru dari ADO)

Even driven programming

Jika anda sudah pernah menulis Visual Basic, anda akan menyukai even driven programming approach. Mudah untuk men-drag and drop sebuah control tombol dan men-double-klick pada tombol untuk menulis event handler untuk even on click pada tombol tersebut. Ketika anda mengklik tombol pada saat run time, hal ini akan menjalankan apapun kode yang sudah anda tuliskan pada even handler on click pada tombol tersebut.

Tipe even driven programming ini tidak ada pada ASP klasik. Anda tidak dapat men-drag dan drop tombol dan menulis 'on click' even handler dengan ASP.

Dengan ASP.NET, hal ini berubah. Hal ini sangat mirip dengan program Visual Basic. Anda dapat menulis even handler seperti button click even, text changed even dan lainnya.

Walau bagaimanapun, ada perbedaan besar antara cara even handling bekerja dalam Visual Basic dengan ASP.NET. Pada ASP.NET, halaman web di load pada browser di komputer client. Dan server berada di lokasi yang berbeda (bisa saja di negara lain). Ketika anda meng-klick sebuah tombol pada halaman web ASP.NET, maka 'click even' handler harus dieksekusi di server, tidak di komputer client.

Bagaimana server tahu ketika anda meng-click sebuah tombol pada browser anda? Ini adalah trik dari ASP.NET. Ketika anda menulis even handler untuk tombol atau yang lainnya pada ASP.NET, banyak hal terjadi di belakang layar. ASP.NET akan membuat banyak kode javascript client side untuk menangani ini dan menyatukan javascript ini pada kode html yang dikirim ke browser. Ketika anda meng-klick tombol pada browser, maka client side javascript akan dieksekusi. Javascript ini akan menghasilkan informasi yang diperlukan untuk mensubmit request ke server. Ada cukup informasi pada request ini sehingga server akan mengetahui bahwa user telah meng-klick tombol tertentu pada browser dan server harus menjalankan kode 'even handler' tertentu pada server side. Jadi, ketika user meng-klick pada tombol, halaman web di-submit secara otomatis ke server dengan informasi khusus. Pada sisi server, akan diproses even handler pada tombol on click dan mengirimkan kembali output halaman web ke browser. Dengan cara yang sama anda juga dapat menulis kode untuk event handler yang lain, misalnya untuk perubahan text pada text box atau control yang lainnya.

Catatan: Event handling yang barus saja kita diskusikan adalah server side event handling. Selain itu, anda juga dapat menggunakan javascript untuk menangani event pada client side. Hal ini didukung seperti pada ASP klasik. Even handling client side digunakan untuk validasi sederhana, menampilkan pesan kepada user, dan lainnya. Anda tidak dapat melakukan server side programing pada client side javascript (seperti mengaksess database misalnya).

Post a Comment