Search This Blog

Loading...

Membuat file karyawan.aspx untuk menampilkan data karyawan

File Karyawan.aspx adalah web form yang kita buat dengan menggunakan server control DetailViews. Fungsi dari web form karyawan adalah untuk menampilkan data karyawan. Pada aplikasi ini user yang login akan memiliki variabel Session yang akan diisi dengan data Nomor Induk Karyawan. Variabel Session inilah yang akan memfilter data hanya menampilkan data karyawan sesuai dengan variabel session yang aktif.

Untuk membuat file karyawan.aspx lakukan langkah berikut:

  1. Buka Visual Web Developper dengan project SIP (jika belum aktif) dengan cara pilih menu FIle, kemudian pilih Recent Project lalu pilih d:\inetpub\wwwroot\sip. (Pada contoh ini saya menginstall web server IIS pada drive d:\ )


    Jika project yang akan kita buat tidak ada pada Recent project, maka dari menu File, pilih Open Web Site. Akan muncul dialog box open web site.
    Pilih Local IIS, pilih Web sip, lalu klik Open
  2. Setelah project terbuka, pilih menu File, kemudian pilih New File dan akan muncul Add New Item dialog box
  3. Pilih Web Form, beri nama karyawan.aspx. Pilih Language Visual Basic untuk bahasa pemrograman Visual Basic. Aktifkan check box Place code in separate file untuk menyimpan kode Visual Basic pada file karyawan.aspx.vb yang terpisah dari file web form karyawan.aspx. Aktifkan check box Select master page agar menu pilihan yang telah dibuat pada file MasterPage.master muncul pada saat user membuka file karyawan.aspx. Lalu klik tombol Add.
  4. Akan muncul dialog box Select Master Page.

    Pilih MasterPage.master lalu klik tombol OK.

Sampai di sini kita baru menyiapkan file karyawan.aspx. Tampilan pada Visual Web Developer pada design mode akan terlihat seperti gambar berikut:

Dan jika kita masuk ke source view akan tampak code program sebagai berikut:


<%%@ Page Language="VB"
MasterPageFile="~/MasterPage.master"
AutoEventWireup="false"
CodeFile="karyawan.aspx.vb"
Inherits="karyawan"
title="Untitled Page" %>

<asp:Content ID="Content1"
ContentPlaceHolderID="ContentPlaceHolder1"
Runat="Server">
</asp:Content>


Bersambung ke Menambahkan DetailsView control
Post a Comment