Search This Blog

Loading...

Langkah-langkah Membuat aplikasi WEB ASP.NET dengan Visual Web Developer 2005 Express Edition

Pada posting kali ini saya akan menerangkan langkah-langkah membuat suatu aplikasi ASP.NET dengan menggunakan Visual Web Developer 2005 Express Edition.

Sebelumnya pada komputer anda harus sudah terinstall aplikasi berikut:

  1. Internet Information Server Versi 5 (Ada pada CD Windows XP)
  2. Microsoft .NET Framework Versi 2 (Harus diinstall secara terpisah)
  3. Microsoft Visual Web Developer 2005 Express Edition

Contoh aplikasi yang akan dibuat adalah mengenai pengelolaan data Karyawan atau aplikasi HRD atau Sistem Informasi Personalia.

Langkah 1 : Merancang Database

Untuk mempersiapkan aplikasi HRD, kita harus merancang database untuk menampung data karyawan. Database yang digunakan pada contoh aplikasi ini menggunakan database Microsoft Access.

Langkah 2 : Menentukan lokasi aplikasi pada web server

Untuk menyimpan file-file aplikasi ASP.NET kita harus menyiapkan satu folder di home page. Misalnya kita akan menyimpan file aplikasi ASP.NET pada folder SIP di bawah folder C:\Inetpub\wwwroot\

Langkah 3 : Merancang Menu Pilihan

Menu pilihan pada aplikasi merupakan gerbang bagi user untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Menu pilihan harus mudah digunakan oleh user.

Langkah 4 : Merancang Web Form Untuk menampilkan data

Untuk proses pengolahan data karyawan kita harus menyediakan form untuk input data. Web Form input data dibuat sesuai dengan kebutuhan yaitu untuk proses input data master dan data transaksi atau histori.

Langkah 5 : Membuat Laporan atau Output

Laporan atau output aplikasi dapat ditampilkan pada halaman web dan dapat dicetak ke print out berupa hard copy (kertas) yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah 6 : Merancang Sistem Menu pilihan

Dengan ASP.NET kitadapat dengan mudah dapat merancang menu pilihan berupa pull down menu karena ada server control yang dapat digunakan untuk membuat menu pull down yaitu servefr control Menu.

Langkah 7 : Merancang Hak akses User

Karena aplikasi ini menggunakan interface Web browser, maka aplikasi harus diatur berdasarkan level user yang menggunakan aplikasi. Misalnya user admin adalah staf HRD mempunyai hak akses yang tidak terbatas untuk menggunakan aplikasi. Sedangkan user lain atau karyawan hanya dapat menampilkan data dan input data-data tertentu saja.

Post a Comment