Search This Blog

Loading...

For Next - Ms Access - Visual Basic

Statemen For...Next - MS Access - Visual Basic
Anda dapat menggunakan statemen For..Next untuk melakukan pengulangan satu blok statemen dalam jumlah pengulangan tertentu. Looping For menggunakan variabel counter yang nilainya bertambah atau berkurang setiap terjadi pengulangan.
Procedure berikut membuat komputer mengeluarkan bunyi beep sebanyak 50 kali. Statemen For memberikan counter variabel x mulai 1 hingga 50. Statemen Next menambah nilai counter variabel x dengan 1.
Sub Beeps()
For x = 1 To 50
    Beep
Next x
End Sub
Dengan mengunakan keyword Step, anda dapat menaikkan atau menurunkan variabel counter dengan nilai tertentu. Pada contoh berikut, variabel counter j dinaikkan 2 pada setiap proses looping. Ketika looping selesai, total adalah penjumlahan dari 2, 4, 6, 8, dan 10.
Sub TwosTotal()
For j = 2 To 10 Step 2
    total = total + j
Next j
MsgBox "Total adalah " & total
End Sub
Untuk mengurangi nilai variabel counter, gunakan nilai negatif pada Step. Untuk mengurangi variabel counter, anda harus menyebutkan sebuah nilai akhir yang lebih kecil dari nilai awal. Pada contoh berikut, variabel counter myNum dikurangi 2 pada setiap proses looping. Ketika proses looping selesai, total adalah penjumlahan dari 16, 14, 12, 10, 8, 6, 4, dan 2.
Sub NewTotal()
For myNum = 16 To 2 Step -2
    total = total + myNum
Next myNum
MsgBox "Total adalah " & total
End Sub
Catatan Adalah tidak perlu untuk menyertakan nama variabel counter setelah statemen Next. Pada contoh di atas, nama variabel counter disertakan untuk kemudahan pembacaan program.
Anda dapat keluar dari statemen For...Next sebelum counter mencapai nilai akhir dengan menggunakan statemen Exit For. Misalnya ketika terjadi error, gunakan Exit For pada blok statemen kondisi True dari salah satu statemen If...Then...Else atau Select Case yang memeriksa kondisi error. Jika tidak terjadi error maka statemen If…Then…Else adalah False, dan looping berlanjut sebagaimana yang diharapkan.
Post a Comment