Search This Blog

Loading...

Mendeklarasikan Konstanta - Access - Visual Basic

Dengan mendeklarasikan konstanta, anda dapat memberikan nama yang khusus dari sebuah nilai. Anda dapat menggunakan statemen Const untuk mendeklarasikan konstanta dan men-set nilainya. Setelah konstanta dideklarasikan, selanjutnya tidak dapat dimodifikasi atau diberi nilai baru.

Anda dapat mendeklarasikan konstanta di dalam procedure atau pada bagian atas dari module, pada bagian deklarasi. Konstanta level modul secara default bersifat private. Untuk mendeklarasikan konstanta public level module, awali statemen Const dengan keyword Public. Anda dapat secara eksplisit mendeklarasikan konstanta private dengan mengawali statemen Const dengan keyword Private untuk memudahkan pembacaan dan interpreter kode anda.

Contoh berikut mendeklarasikan konstanta Public conAge sebagai Integer dan memberikan nilai 34.

Public Const conAge As Integer = 34 

Konstanta dapat dideklarasikan dengan tipe data berikut: Boolean, Byte, Integer, Long, Currency, Single, Double, Date, String, atau Variant. Sebab anda sudah tahu nilai dari konstanta, anda dapat menentukan tipe data pada statemen Const. Anda dapat mendeklarasikan beberapa konstanta dengan satu statemen. Untuk menentukan sebuah tipe data, anda harus menyertakan tipe data untuk setiap konstanta. Pada statemen berikut, konstanta conAge dan conWage dideklarasikan sebagai Integer.

Const conAge As Integer = 34, conWage As Currency = 35000
Post a Comment