Search This Blog

Loading...

Form Daftar Histori

Kita dapat mengetahui histori atau sejarah peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan dengan membuka form Daftar Histori melalui menu Histori Buku dari menu Data Transaksi.

Gambar 1 Menu Histori Buku

Akan tampil form Histori Buku Perpustakaan seperti gambar berikut:

Gambar 2 Form Histori Buku Perpustakaan

Form ini terdiri dari daftar buku perpustakaan pada bagian atas dan form detail histori pada bagian bawah. Form detail histori akan tampil berdasarkan buku perpustakaan yang dipilih pada form daftar buku.
JIka kita ingin memfilter data nama buku, kita dapat mengisi text box judul buku dengan nama buku yang ingin kita tampilkan dan mengklik tombol CARI BUKU. Nama buku yang diisikan dapat kita isi sebagian dari karakter nama buku yang ingin kita tampilkan.

Mencetak daftar histori

Pada form bagian atas ada sebuah tombol dengan gambar Preview yang berada di sebelah kanan kolom PENGARANG. Tombol ini berfungsi untuk mencetak data histori pada mode preview. Jika user mengklik tombol Preview maka data buku pada baris di mana tombol preview di-klikc akan dicetak ke layar (preview) yang selanjutnya bisa juga dicetak ke printer/kertas. Contoh hasil preview dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 3 Preview Histori Buku Perpustakaan

Post a Comment