Search This Blog

Loading...

Fungsi Array() Microsoft Access

Fungsi Array() Ms Access menghasilkan variant tipe data yang mengandung array.

Penulisan

Array(arglist)

Argument arglist adalah daftar yang dibatasi tanda koma dari nilai yang diberikan kepada elemen dari array. Jika tidak ada argumen yang disebutkan, array dengan panjang nol dibuat.

Pada contoh berikut statemen pertama membuat variabel bernama A sebagai Variant. Statemen kedua memberikan array ke variabel A. Statemen terakhir memberikan nilai yang terkandung dalam elemen array kedua ke variabel lain.

Dim A As Variant
A = Array(10,20,30)
B = A(2)

Urutan terbawah dari array yang dibuat dengan fungsi Array ditentukan oleh angka terbawah yang ditentukan dengan statemen Option Base, kecuali Array dikualifikasikan dengan nama dari tipe library.

Perhatikan contoh 1 berikut:

Option Compare Database

Private Sub Command0_Click()
Dim A As Variant
A = Array(10, 20, 30)
B = A(2)
MsgBox B ' Statemen ini akan menampilkan angka 30
End Sub

Perhatikan contoh 2 berikut:

Option Compare Database
Option Base 1

Private Sub Command0_Click()
Dim A As Variant
A = Array(10, 20, 30)
B = A(2)
MsgBox B ' Statemen ini akan menampilkan angka 20
End Sub

Index array dalam Microsoft Access secara default dimulai dari 0 (nol). Tetapi jika kita ingin merubah index pertama menjadi 1 (satu), maka kita harus menyertakan Option Base 1 pada awal modul form atau modul standard yang kita buat.

Catatan Variant yang dideklarasikan bukan sebagai array masih dapat mengandung array. Variabel variant dapat mengandung array dari tipe apapun, kecuali fixed-length strings dan user-defined tipe. Walaupun variant mengandung array secara konseptual berbeda dari arrau yang element-nya bertipe variant, element array diakses dengan cara yang sama

Post a Comment